Analisis Kesalahan Siswa dengan Panduan Langkah-langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Sub Materi Pokok Keliling dan Luas Segitiga Kelas VII SMP Negeri 1 Sedan

Ahmad Miftahul Huda, 4101407095 (2012) Analisis Kesalahan Siswa dengan Panduan Langkah-langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Sub Materi Pokok Keliling dan Luas Segitiga Kelas VII SMP Negeri 1 Sedan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah mempunyai peranan yang sangat penting, sebab disamping dapat memberi bekal kemampuan berhitung, juga dapat memberi bekal kemampuan menalar. Namun pada umumnya matematika tergolong mata pelajaran yang dirasakan sulit bagi siswa, karena matematika ditinjau dari segi objeknya bukanlah merupakan objek konkret tetapi merupakan benda pikiran. Dengan memperhatikan karakteristik di atas, tidak mustahil jika siswa dalam mempelajari matematika mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui di mana letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dengan panduan kriteria Polya, kesalahan apa yang dilakukan oleh siswa, dan apa penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Subyek penelitian diambil 6 siswa dari 29 siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Sedan, Pengambilan subjek penelitian didasarkan pada ranking siswa yang melakukan kesalahan dari hasil tes. Tes yang digunakan berbentuk uraian sebanyak 6 soal. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil verifikasi diperoleh data pada soal nomor satu kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan teknis sebesar 16.67%, pada soal nomor dua kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan interpretasi bahasa dan kesalahan teknis masing-masing sebesar 16.67%, pada soal nomor tiga kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan teknis sebesar 100%, pada soal nomor empat kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan interpretasi bahasa dan kesalahan teknis masing-masing sebesar 16.67%, pada soal nomor lima kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan konsep, kesalahan penggunaan data, dan teknis masing-masing sebesar sebesar 33,33%, pada soal nomor enam kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan konsep sebesar 50%. Saran dalam penelitian ini adalah untuk mengurangi banyaknya kesalahan siswa yang disebabkan oleh kesalahan konsep, kesalahan penggunaan data dan kesalahan teknis, maka guru perlu menekankan konsep materi segitiga serta memberikan latihan yang lebih banyak kepada siswa agar siswa terbiasa mengerjakan soal dengan benar dan cepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika, Langkah-Langkah Polya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 23:56
Last Modified: 15 May 2012 23:56

Actions (login required)

View Item