Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Jigsaw Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bergas Pada Materi Pokok Segiempat


Ira Vianita, 4101407050 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Jigsaw Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bergas Pada Materi Pokok Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Jigsaw Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bergas Pada Materi Pokok Segiempat] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Jigsaw Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bergas Pada Materi Pokok Segiempat) - Published Version
Download (48kB)

Abstract

Permasalahan pembelajaran matematika yang terjadi di SMP Negeri 1 Bergas adalah kurangnya minat belajar siswa yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata minat belajar atau hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata minat belajar atau hasil belajar siswa kelompok kontrol dan apakah proporsi ketuntasan belajar siswa kelompok eksperimen 1 telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bergas tahun ajaran 2010/ 2011. Dengan teknik Random Sampling, diperoleh tiga kelompok sampel, yaitu kelompok eksperimen 1 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Jigsaw Puzzle, kelompok eksperimen 2 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), dan kelompok kontrol yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Chi Kuadrat, uji Bartlet, uji F dengan Anava dan uji lanjut LSD (Least Significance Difference). Hasil uji perbedaan rata-rata minat belajar menunjukkan = 25,72, sedangkan uji perbedaan rata-rata hasil belajar menunjukkan = 8,42 yang berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata minat belajar dan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan perhitungan hasil uji proporsi ketuntasan belajar diperoleh =2,449 yang berarti bahwa proporsi hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Jigsaw Puzzle telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata minat belajar atau hasil belajar belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata minat belajar atau hasil belajar siswa kelompok kontrol, serta proporsi ketuntasan belajar siswa kelompok eksperimen 1 telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Jigsaw Puzzle efektif digunakan di SMP Negeri 1 Bergas pada materi pokok segiempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Numbered Heads Together, Jigsaw Puzzle, minat belajar, segiempat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 03:53
Last Modified: 16 May 2012 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12172

Actions (login required)

View Item View Item