Pilihan Bahasa Pedagang Etnis Cina dalamIinteraksi Jual Beli diPasar Kota Salatiga.


Arto Wibowo, 2104990040 (2006) Pilihan Bahasa Pedagang Etnis Cina dalamIinteraksi Jual Beli diPasar Kota Salatiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pilihan Bahasa Pedagang Etnis Cina dalamIinteraksi Jual Beli diPasar Kota Salatiga.]
Preview
PDF (Pilihan Bahasa Pedagang Etnis Cina dalamIinteraksi Jual Beli diPasar Kota Salatiga.) - Published Version
Download (686kB) | Preview

Abstract

Pemilihan bahasa oleh masyarakat tutur di pasar tidak pernah lepas dari situasi sosial yang ada di sekitarnya. Pedagang dan pembeli tidak selalu berasal dari lingkungan dengan suasana kebahasaan yang sama. Perbedaan ini menimbulkan usaha menemukan kesepakatan pemahaman terhadap pemakaian bahasa kemudian mereka menciptakan pilihan-pilihan bahasa yang disesuaikan dengan situasi hubungan antara pedagang dengan pembeli dan berbagai hal yang ada di sekitarnya. Para pedagang etnis Cina dalam interaksi jual beli di pasar Kota Salatiga juga melakukan pemilihan bahasa dalam kepentingannya untuk menciptakan interaksi jual beli yang menguntungkan. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana pola bahasa pedagang etnis Cina dalam interaksi jual-beli di pasar kota Salatiga ? (2) bagaimana wujud variasi tunggal bahasa, alih kode dan campur kode pedagang etnis Cina dalam interaksi jual beli di pasar kota Salatiga ? (3) faktor sosial apa yang menentukan pilihan bahasa pedagang etnis Cina dalam interaksi jual beli di pasar kota Salatiga ? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud pilihan bahasa pedagang etnis Cina pada saat melakukan transaksi jual beli dengan pembeli dan faktor-faktor yang turut mempengaruhi pilihan bahasa pedagang etnis Cina dalam interaksi jual beli di pasar. Penelitian ini dekat dengan penelitian yang berjudul Pilihan Bahasa Masyarakat Etnik Sunda dalam Ranah Pasar: Kajian Sosiolinguistik di Kabupaten Cilacap oleh Neni Nuraini. Kebaruan penelitian ini dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti sebelumnya salah satunya terletak pada lokasi dan objek penelitian, serta adanya uraian mengenai pola bahasa oleh pedagang etnis Cina dalam interaksi jual beli di pasar, khususnya pada saat menghadapi pembeli dari etnis Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan sosiolinguistik. Pendekatan metodologisnya adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pedagang etnis Cina yang melakukan transaksi jual beli di pasar kota Salatiga. Data penelitian ini adalah tuturan atau bagian tutur lisan pedagang etnis Cina pada saat melakukan kegiatan jual beli dengan pembeli di pasar kota Salatiga. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dan metode cakap. Metode simak memiliki teknik dasar yaitu teknik sadap. Teknik sadap ini memiliki dua teknik lanjutan yaitu teknik simak bebas libat cakap dan teknik simak libat cakap . Metode cakap atau lebih dikenal sebagai metode wawancara yang digunakan adalah wawancara semuka dan wawancara terbuka. Teknik analisis data dilakukan melalui dua prosedur yaitu analisis selama proses pengumpulan data dan analisis setelah proses pengumpulan data. Hasil analisis data yang berupa temuan penelitian disajikan menggunakan metode formal dan metode informal. Pola bahasa pedagang etnis Cina dalam interaksi jual beli di pasar kota Salatiga ditentukan oleh latar belakang sosial pedagang dan pembeli. Peristiwa alih kode yang dilakukan pedagang etnis Cina dapat berupa (1) peralihan dari kode bahasa Indonesia ke kode bahasa Jawa, (2) peralihan kode bahasa Jawa ke kode bahasa Indonesia. Wujud campur kode yang dilakukan oleh pedagang Cina di pasar kota Salatiga dapat berupa kata, frasa dan perulangan. Faktor yang menentukan terjadinya pilihan bahasa pedagang etnis Cina dalam interaksi jual beli di pasar Kota Salatiga adalah (1) situasi tutur, (2) pilihan bahasa pembeli, dan (3) peserta tutur. Penelitian ini belum memiliki kedalaman deskripsi wujud campur kode sampai pada jenis-jenis kata, frase, dan perulangan, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Lebih dari itu, fenomena kebahasan pedagang etnis Cina di pasar kota Salatiga masih berpotensi sebagai lahan penelitian sosiolinguistik, yaitu antara lain (1) sistem sapaan yang digunakan baik oleh pedagang maupun pembeli sebagai penanda hubungan sosial keduanya, (2) kekhasan penggunaan bahasa Jawa oleh pedagang etnis Cina, dan (3) interferensi bahasa Jawa pada penggunaan bahasa Indonesia oleh pedagang etnis Cina.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pilihan bahasa, pedagang etnis Cina, interaksi jual beli
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Apr 2011 01:56
Last Modified: 25 Apr 2015 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item