Hubungan Kompetensi Profesional Guru dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakenan Tahun Pelajaran 2011/2012
Pramestya Intan Permatasari, 3101408107 (2012) Hubungan Kompetensi Profesional Guru dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakenan Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Hubungan Kompetensi Profesional Guru dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakenan Tahun Pelajaran 2011/2012)
- Published Version
Download (40kB) |
Abstract
Siswa merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran yang mempunyai beragam kecerdasan yang harus dikembangkan. Salah satu jenis kecerdasan yang penting untuk dimiliki oleh siswa adalah kecerdasan interpersonal. Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan dan keterampilan individu dalam menjalin hubungan dan menjalin komunikasi dengan orang lain. Siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal, cenderung mudah bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan di sekelilingnya. Untuk mengembangan kecerdasan interpersonalnya, siswa membutuhkan bimbingan dan pengarahan dari guru yang mempunyai kompetensi profesional. Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam menguasai bahan ajar secara luas dan mendalam, sehingga guru mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan maksimal. Guru yang mempunyai kompetensi profesional, akan mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang mendukung pengembangan kecerdasan interpersonal siswa, dengan menerapkan kegiatan pembelajaran yang membuat siswa aktif untuk melakukan interaksi dan kerja sama dengan orang lain. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jakenan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan interpersonal siswa kelas XI IPS, tingkat kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah kelas XI IPS, dan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara kompetensi profesional guru dan kecerdasan interpersonal siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakenan tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan angket sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakenan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan interpersonal siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakenan termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini terbukti dari hasil analisis angket kecerdasan interpersonal siswa yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 123,32. Berdasarkan kriteria penilaian yang sudah ditetapkan, maka skor rata-rata pada angket kecerdasan interpersonal siswa sebesar 123,32 tergolong dalam kategori tinggi. Tingkat kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakenan, juga termasuk dalam kategori tinggi. Terbukti dari hasil analisis angket kompetensi profesional guru yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 125,25. Apabila dikaitkan dengan kriteria penilaian yang sudah ditetapkan, maka skor rata-rata pada angket kompetensi profesional guru sebesar 125,25 tergolong dalam kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis diperoleh > . Artinya, “Ada hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru dan kecerdasan interpersonal siswa”. Semakin tinggi tingkat kompetensi profesional guru, maka tingkat kecerdasan interpersonal siswa akan semakin berkembang. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagi Fakultas Ilmu Sosial, khususnya Jurusan Sejarah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai penambah referensi ilmu pengetahuan, 2) Bagi Sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi bahwa kompetensi profesional guru mampu mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa, 3) Bagi Guru, diharapkan untuk selalu berusaha mengembangkan kompetensi profesionalnya agar mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang dapat mendorong pengembangan kecerdasan interpersonal siswa, 4) Bagi Siswa, diharapkan untuk lebih mengembangkan keterampilan-keterampilan yang dapat menunjang terbentuknya kecerdasan interpersonalnya, 5) Bagi penelitian selanjutnya, terutama yang tertarik dengan permasalahan yang sama, diharapkan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas agar masalah yang belum terungkap dapat diteliti.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional, Guru, Kecerdasan Interpersonal, Siswa |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 16 May 2012 01:47 |
Last Modified: | 16 May 2012 01:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12142 |
Actions (login required)
View Item |