Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Angkatan 2008 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
Siti Martianti Nur Illah, 3101408004 (2012) Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Angkatan 2008 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Angkatan 2008 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang)
- Published Version
Download (25kB) |
Abstract
Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh mahasiswa setelah mengikuti proses belajar di kampus dalam waktu tertentu baik berupa perubahan tingkah laku, keterampilan, dan pengetahuan yang kemudian diukur melalui tes atau evaluasi yang diwujudkan dalam bentuk angka atau huruf. Faktor internal yang diduga mempengaruhi prestasi belajar adalah minat menjadi guru. Dengan adanya minat untuk menjadi guru, hal tersebut ikut menentukan keberhasilan seseorang untuk mencapai prestasi yang baik. Namun, kebenaran argumen ini perlu dikaji melalui kegiatan penelitian untuk pembuktian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah angkatan 2008 FIS UNNES? dan berapa besar pengaruh minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah angkatan 2008 FIS UNNES? Penelitian ini adalah penelitian dengan desain kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa prodi pendidikan sejarah angkatan 2008 FIS UNNES yang telah menempuh Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) dan Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), dengan jumlah 96 mahasiswa. Sampel diambil secara acak (simple random sampling) dengan persen kelonggaran ketidaktelitian 5 %, sehingga diperoleh 76 responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Minat Menjadi Guru dan Prestasi Belajar. Teknik pengumpulan data Minat Menjadi Guru dengan metode angket, sedangkan pengumpulan data Prestasi Belajar dari metode dokumentasi DPNA (Daftar Peserta Nilai Akhir). Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa variabel minat menjadi guru diperoleh rata-rata 79,39 % dan termasuk dalam kriteria tinggi sedangkan untuk prestasi belajar diperoleh rata-rata 79,72 dan termasuk dalam kriteria baik. Berdasarkan analisis data yang menggunakan persamaan regresi linear sederhana diperoleh persamaan Ŷ = 57,110+ 0,264 X dan uji keberartian persamaan regresi dengan uji F diperoleh Fhitung = 18,15 > Ftabel = 3,970, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antar minat menjadi guru terhadap hasil belajar yaitu sebesar 19,70 %. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mahasiswa dan besarnya pengaruh minat menjadi guru terhadap prestasi belajar adalah 19,70 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh banyak faktor lain diluar penelitian ini. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar penelitian mengambil subjek pada mahasiswa tingkat awal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Guru, Prestasi Belajar |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 16 May 2012 01:41 |
Last Modified: | 16 May 2012 01:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12140 |
Actions (login required)
View Item |