Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Dengan menggunakan Model Studi Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X-4 SMA 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2011/2012


Andhita Hardiansyah, 3101407002 (2012) Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Dengan menggunakan Model Studi Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X-4 SMA 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Dengan menggunakan Model Studi Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X-4 SMA 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Dengan menggunakan Model Studi Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X-4 SMA 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Sejarah di kelas X-4 SMA Negeri 1 Bae Kudus masih belum maksimal. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa kurang mandiri dalam pembelajaran sejarah, sehingga siswa hanya tergantung pada materi yang diberikan gurunya saja. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal masih rendah dan belum mencapai ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan sekolah,sehingga hasil belajar sejarah belum memuaskan. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian adalah: Apakah pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan model studi mandiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.4 SMA 1 Bae Kudus tahun ajaran 2011/2012 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar sejarah siswa kelas X.4 SMA 1 Bae Kudus dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan model studi mandiri. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memberikan informasi mengenai penggunaan model studi mandiri dalam model pembelajaran sejarah dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Bae Kudus yang berjumlah 34 orang siswa. Data tentang hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Data tentang keaktifan siswa dan kinerja guru diperoleh dari lembar observasi. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila nilai tes mata pelajaran sejarah ≥75, dengan persentase ketuntasan klasikal belajar ≥ 75%. Hasil penelitian menggunakan model studi mandiri adalah sebagai berikut: Hasil belajar dari siswa X-4 menunjukkan bahwa pelaksanaan model studi mandiri dapat meningkatkan hasil belajar kelas X-4 di SMA Negeri 1 Bae. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 73,97 dengan ketuntasan klasikal 61,76%. Pada siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 82,94 dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,23%. Pada siklus II terjadi peningkatan dan sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar klasikal 75%. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model studi mandiri sangat menyenangkan dan menarik bagi siswa, karena pembelajaran tidak hanya dilakukan dikelas tetapi diluar kelas, sehingga siswa tidak jenuh didalam kelas. Keaktifan siswa dalam pembelajaran menunjukkan hasil positif, setiap siswa aktif bertanya pada guru dan aktif mencari referensi sumber diperpustakaan.. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa guru sejarah, hendaknya lebih memotivasi siswa dalam meningkatkan keaktifan serta menerapkan model-model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Studi Mandiri, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 01:27
Last Modified: 16 May 2012 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12135

Actions (login required)

View Item View Item