Penggunaan Compact Disk (CD) Pembelajaran Interaktif Materi Sebaran Flora dan Fauna Kelas XI IPS Semester satu SMA N 1 Karanganyar Kab Demak Tahun Ajaran 2011/2012


Sari Siti Nurindah, 3201407012 (2012) Penggunaan Compact Disk (CD) Pembelajaran Interaktif Materi Sebaran Flora dan Fauna Kelas XI IPS Semester satu SMA N 1 Karanganyar Kab Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Compact Disk (CD) Pembelajaran Interaktif Materi Sebaran Flora dan Fauna Kelas XI IPS Semester satu SMA N 1 Karanganyar Kab Demak Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Penggunaan Compact Disk (CD) Pembelajaran Interaktif Materi Sebaran Flora dan Fauna Kelas XI IPS Semester satu SMA N 1 Karanganyar Kab Demak Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Siswa sering mengalami kebosanan dalam mengikuti pelajaran di kelas, guru menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. CD pembelajaran interaktif merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat mengubah suasana monoton menjadi lebih aktif dan efektif. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penggunaan CD pembelajaran interaktif tentang materi sebaran flora dan fauna dan keefektifan penggunaan CD pembelajaran interaktif tentang materi sebaran flora dan fauna terhadap hasil belajar pada kelas XI IPS semester satu SMA N 1 Karanganyar Kab Demak. Adapun tujan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan CD pembelajaran interaktif tentang sebaran flora dan fauna serta mengefektifkan penggunaan CD pembelajaran tentang sebaran flora dan fauna terhadap hasil belajar kelas XI IPS semester satu SMA N 1 Karanganyar Kab Demak. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS semester satu SMA N 1 Karanganyar Kab Demak yang terdiri dari tiga kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah dua kelas, yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dimana pembelajaran tanpa menggunakan CD pembelajaran interaktif dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dinama pembelajaran yang menggunakan CD pembelajaran interaktif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan perrtimbangan tertentu. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu variabel bebas adalah pembelajaran dengan menggunakan CD pembelajaran interaktif pada materi sebaran flora dan fauna. dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa pada materi sebaran flora dan fauna kelas XI IPS Semester satu SMA N 1 Karanganyar Kab Demak. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, metode tes dan metode kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis statatistik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen menunjukkan pada pembelajaran pertama persentase aktivitas siswa sebsar 61% (cukup aktif), pembelajaran kedua persentase sebesar 65% (aktif), pembelajaran ketiga persentase sebesar 73% (aktif) dan pembelajaran keempat persentase sebesar 83% (sangat aktif). Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol menunjukkan pada pembelajaran pertama persentase aktivitas siswa sebesar 59% (cukup aktif), pembelajaran kedua persentase sebesar 61% (cukup aktif), pembelajaran ketiga persentase sebesar 68% (aktif) dan pembelajaran keempat persentase sebesar 76% (aktif). Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Untuk hasil tanggapan siswa pada kelas eksperimen siswa yang memberi tanggapan sangat tertarik sebanyak 17 siswa dan 23 siswa yang menjawab tertarik. pada kelas kontrol siswa yang memberi tanggapan sangat tertarik sebanyak 6 siswa, 27 siswa yang memberi tanggapan tertarik, dan 7 siswa memberi tanggapan kurang tertarik. Hasil rata-rata pre test menunjukkan pda kelas eksperimen sebesar 61,70 dan pada kelas kontrol hasil rata-rata pre test sebesar 61,72. Hasil rata-rata pos test pda kelas eksperimen sebesar 80 dan pada kelas kontrol sebesar 74,46. Efektivitas pembelajaran dengan media CD pembelajaran Interaktif ini dapat diketahui dari uji t yang menghasilkan thitung > t tabel yaitu 2.127 > 1,66 dengan dk = 77 yang berarti bahwa Ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media CD pembelajaran Interaktif lebih efektif daripada pelaksanaan pembelajaran tanpa menggunakan media CD pembelajaran Interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: a) Penggunaan CD pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran mengenai materi sebaran flora dan fauna dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. b) Penggunaan CD pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran materi sebaran flora dan fauna lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan CD pembelajaran interaktif. Saran yang diajukan adalah a) Guru mata pelajaran geografi di sekolah perlu diberi pelatihan operasional penggunaan CD pembelajaran interaktif ini, agar implementasi dilapangan sesuai dengan tujuan. b) Sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana (LCD dan atau komputer) agar proses pembelajaran berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 01:04
Last Modified: 16 May 2012 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12121

Actions (login required)

View Item View Item