Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modul Pembelajaran Interaktif dengan Pembelajaran Konvensional pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual dan Komponen Di SMK Muhammadiyah Kudus


Eko Bambang K, 5201405533 (2012) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modul Pembelajaran Interaktif dengan Pembelajaran Konvensional pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual dan Komponen Di SMK Muhammadiyah Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modul Pembelajaran Interaktif dengan Pembelajaran Konvensional pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual dan Komponen Di SMK Muhammadiyah Kudus ] Microsoft Word (Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modul Pembelajaran Interaktif dengan Pembelajaran Konvensional pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual dan Komponen Di SMK Muhammadiyah Kudus ) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Eko Bambang K. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modul Pembelajaran Interaktif dengan Pembelajaran Konvensional pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual dan Komponen Di SMK Muhammadiyah Kudus . Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Drs. Burhan Rubai Wijaya, M.Pd., II. Drs. Supraptono M.Pd. Kata kunci: modul pembelajaran interaktif, hasil belajar siswa, kompetensi pemeliharaan/servis transmisi manual Selama ini pembelajaran transmisi manual di SMK Muhammadiya Kudus masih dilakukan dengan model pembelajaran konvensional dan hasil belajarnya rendah sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar transmisi manual siswa kelas XI program keahlian teknik otomotif tahun pelajaran 2011/2012. Permasalahan pada penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan hasil belajar yang mengunakan Modul Pembelajaran Interaktif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen randomized control group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI program keahlian teknik otomotif SMK Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil secara random sampling. Dari populasi 4 kelas diambil 2 kelas sebagai sampel, 1 kelas sebagai kelompok eksperimen dan 1 kelas sebagai kelompok kontrol. Pemilihan kelompok dilakukan secara acak (random). Hasil penelitian diperoleh hasil belajar transmisi manual siswa kelas XI jurusan otomotif SMK Muhammadiyah Kudus yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu rata-rata awal sebesar 58,38 setelah pembelajaran menjadi 62,49, sedangkan untuk hasil belajar transmisi manual siswa kelas XI jurusan otomotif SMK Muhammadiyah Kudus yang menggunakan pembelajaran dengan Modul Pembelajaran Interaktif yaitu rata-rata awal sebesar 60,11 dan setelah pembelajaran menjadi 77,41. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung = 8,424 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 36 maka ttabel = 2,033. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen secara signifikan lebih baik daripada kelas kontrol. Untuk rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 17,30 (28,8%) sedangkan rata-rata peningkatan hasil belajar kelas kontrol 4,11 (7,0%). Kesimpulan penelitian ini menyebutkan bahwa dengan penerapan pembelajaran dengan menggunakan Modul Pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar transmisi manual. Oleh karena itu penulis menyarankan agar pembelajaran ini diterapkan pada konsep pembelajaran lain ataupun pada mata pelajaran lain yang sesuai dengan kompetensi yang relevan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran interaktif, hasil belajar siswa, kompetensi pemeliharaan/servis transmisi manual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 06:31
Last Modified: 15 May 2012 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item