Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Pakintelan 03 Kota Semarang


Riski Rahma Tiaji, 1402407093 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Pakintelan 03 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Pakintelan 03 Kota Semarang] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Pakintelan 03 Kota Semarang) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Tiaji, Riski Rahma. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Pakintelan 03 Kota Semarang”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing (1) Dra. Mu’nisah, M. Pd. dan (2) Dra. Kurniana Bektinimgsih, M. Pd. 146 halaman. Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together Hakikat IPS adalah menelaah interaksi antara individu dan masyarakat dengan lingkungan fisik dan sosial-budayanya. Tujuan pendidikan IPS adalah membina siswa menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat dan negara. Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran IPS pada kegiatan PPL 2 di kelas V SDN Pakintelan 03 menunjukkan bahwa pembelajaran belum optimal. Diindikasikan dari kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Sumber belajar yang terbatas, media pembelajaran yang kurang variatif dan kurang menarik perhatian siswa. Guru cenderung mendominasi jalannya proses pembelajaran. Dari kondisi tersebut peneliti merencanakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, yaitu pendekatan dengan melibatkan banyak siswa dalam mereview mata pelajaran dan memeriksa penguasaan mereka akan materi pelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Pakintelan 03 Kota Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Pakintelan 03 Kota Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dilaksanakan dalam 3 siklus dengan prosedur setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Untuk jumlah skor keterampilan guru meningkat dari 26 dengan kriteria baik (siklus I) menjadi 29 dengan kriteria sangat baik (siklus II), dan meningkat menjadi 30 dengan kriteria sangat baik (siklus III). Rata-rata skor aktivitas siswa meningkat dari 16,5 dengan kriteria baik (siklus I) menjadi 19,4 dengan kriteria baik (siklus II), dan meningkat menjadi 21,8 dengan kriteria sangat baik (siklus III). Ketuntasan siswa secara klasikal meningkat dari 25,7% (prasiklus) menjadi 36,7% (siklus I), 56,7% (siklus II), dan 86,7% (siklus III). Kesimpulan dari penelitian ini melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered HeadsTogether dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebaiknya pendekatan kooperatif tipe Numbered HeadsTogether dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran yang lain dan guru hendaknya selalu menggunakan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered HeadsTogether.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 06:27
Last Modified: 15 May 2012 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12092

Actions (login required)

View Item View Item