Upaya Menurunkan Kecemasan Kecemasan Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Konseling Rational Emotif Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kedungwuni Tahun Ajaran 2011/2012


Puji Hartanti, 1301407108 (2012) Upaya Menurunkan Kecemasan Kecemasan Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Konseling Rational Emotif Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kedungwuni Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Menurunkan Kecemasan Kecemasan Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Konseling Rational Emotif Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kedungwuni Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Upaya Menurunkan Kecemasan Kecemasan Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Konseling Rational Emotif Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kedungwuni Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Hartanti, Puji. 2012. “Upaya Menurunkan Kecemasan Kecemasan Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Konseling Rational Emotif Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kedungwuni Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I. Dr. Awalya M.Pd., Kons. II. Dra. Sinta Saraswati, M.Pd., Kons. Kata Kunci : Kecemasan, Layanan Konseling Rational Emotif. Kecemasan merupakan bentuk perasaan yang biasanya disebabkan oleh suasana hati yang kurang menyenangkan. Kecemasan akan selalu ada dalam diri seseorang salah satunya adalah pada siswa sekolah. Fenomena di di SMA Negeri 1 Kedungwuni menunjukkan adanya kecemasan yang tinggi pada siswa terhadap pelajaran sosiologi, hal ini dapat dilihat karena siswa beranggapan bahwa Sosiologi itu sulit dan memerlukan penghafalan selain itu adanya kesan menjemukan, serta menganggap perilaku guru mata pelajaran yang terkenal dengan gaya mengajar yang monoton, keras serta disiplin. Kecemasan tersebut dikhawatirkan akan mengganggu siswa dalam kesehariannya karena memiliki pemikiran yang irrasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecemasan siswa terhadap pelajaran sosiologi sebelum dan setelah diberi layanan Konseling Rational Emotif pada siswa SMA Negeri 1 Kedungwuni. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan subyeknya 6 siswa yang mengalami kecemasan terhadap pelajaran sosiologi. Pengumpulan data dengan menggunakan skala kecemasan terhadap mata pelajaran sosiologi, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian sebelum siswa memperoleh perlakuan berupa layanan konseling rational emotif keenam siswa mengalami kecemasan tinggi terhadap mata pelajaran sosiologi. Setelah siswa mendapatkan perlakuan berupa layanan konseling rational emotif, keenam siswa mengalami penurunan kcemasan terhadap mata pelajaran sosiologi dengan kriteria lima siswa mengalami penurunan tingkat rendah dan satu siswa mengalami penurunan kecemasan dengan tingkat sedang. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa kecemasan siswa pada pelajaran sosiologi dapat diturunkan melalui konseling rational emotif pada kelas XI di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: sekolah hendaknya memberikan suatu program untuk menurunkan kecemasan terhadap pelajaran sosiologi pada siswa, misalnya secara rutin memberikan layanan konseling rational emotif kepada para siswa. Bagi siswa hendaknya berpikir rasional pada pelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Layanan Konseling Rational Emotif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 06:24
Last Modified: 15 May 2012 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12091

Actions (login required)

View Item View Item