Upaya Mengentaskan Retroactive Inhibition dengan Menggunakan Konseling Individu Pendekatan Rational Emotive Behavior Teraphy, Teknik Home Work Assignment (Penanganan Kasus Pada 3 Siswa Kelas XI-IPS-1 SMA Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2011/2012)


Anisa Nurmila Dewi, , 1301407098 (2012) Upaya Mengentaskan Retroactive Inhibition dengan Menggunakan Konseling Individu Pendekatan Rational Emotive Behavior Teraphy, Teknik Home Work Assignment (Penanganan Kasus Pada 3 Siswa Kelas XI-IPS-1 SMA Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2011/2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Mengentaskan Retroactive Inhibition dengan Menggunakan Konseling Individu Pendekatan Rational Emotive Behavior Teraphy, Teknik Home Work Assignment (Penanganan Kasus Pada 3 Siswa Kelas XI-IPS-1 SMA Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2011/2012)] Microsoft Word (Upaya Mengentaskan Retroactive Inhibition dengan Menggunakan Konseling Individu Pendekatan Rational Emotive Behavior Teraphy, Teknik Home Work Assignment (Penanganan Kasus Pada 3 Siswa Kelas XI-IPS-1 SMA Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2011/2012)) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Nurmila Dewi, Anisa 2012. Upaya Mengentaskan Retroactive Inhibition dengan Menggunakan Konseling Individu Pendekatan Rational Emotive Behavior Teraphy, Teknik Home Work Assignment (Penanganan Kasus Pada 3 Siswa Kelas XI-IPS-1 SMA Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2011/2012) Kata Kunci : Retroactive Inhibition, Perilaku belajar SKS Menjelang Ulangan/Ujian, Layanan Konseling Individu, Pendekatan REBT, Teknik Home Work Assignment. Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di SMA Negeri 1 Pati, yang sering mengalami retroactive inhibition. Retroactive Inhibition merupakan salah satu faktor penyebab lupa. Siswa lupa pada materi pelajaran pada saat siswa mengerjakan soal ulangan/ujian. Indikator retroactive inhibition diantaranya adalah proses belajar siswa di sekolah kurang efektif, kurang dapatnya siswa mengatur jam belajar, metode belajar malam siswa yang tidak terencana, siswa hanya belajar pada saat akan menghadapi ulangan saja, siswa melakukan SKS sebelum ujian dengan cara menumpuk-numpuk bahan pelajaran yang akan diujikan esok harinya tanpa melakukan pengulangan kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara belajar siswa yang mengalami retroactive inhibition sebelum dilakukannya penanganan, mengetahui ada tidaknya penurunan tingkat retroactive inhibition pada siswa setelah dilakukannya penanganan, mengetahui ada tidaknya perubahan dalam cara belajar siswa yang mengalami retroactive inhibition setelah dilakukannya penanganan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang diarahkan ke penelitian penanganan kasus, peneliti melakukan rancangan pelaksanaan konseling dalam menangani kasus klien mengenai retroactive inhibition. Subjek penelitian ini yaitu sejumlah 3 siswa di kelas XI-IPS-1 SMA Negeri 1 Pati. Pengambilan 3 subjek penelitian ini didasarkan pada data nilai rapor siswa kelas XI-IPS-1 selama 1 semester dimana 3 siswa tersebut memiliki nilai prestasi kurang dari rata-rata. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu ketiga klien sering mengalami retroactive inhibition, hal ini dibuktikan dalam hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti kepada ketiga klien tersebut. Namun setelah diberikannya layanan individu pendekatan REBT teknik home work assignment terjadi penurunan tingkat retroactive inhibition yang dialami klien, serta kesadaran dan kesanggupan klien dalam memulai belajar rutin setiap hari dengan jadwal yang telah disepakati bersama. Klien berusaha tidak menumpuk-numpuk bahan pelajaran saat akan menghadapi ulangan. Intensitas kesulitan klien dalam mengingat mata pelajaran pada saat ulangan terkurangi. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah retroactive inhibition dapat dientaskan melalui layanan individu pendekatan REBT teknik home work assignment. Guru pembimbing hendaknya mengembangkan kompetensinya dalam menggunakan teknik konseling, khususnya konseling individu pendekatan REBT teknik home work assignment sebagai salah satu upaya mengatasi retroactive inhibition, karena terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Retroactive Inhibition, Perilaku belajar SKS Menjelang Ulangan/Ujian, Layanan Konseling Individu, Pendekatan REBT, Teknik Home Work Assignment
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 06:18
Last Modified: 15 May 2012 06:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12089

Actions (login required)

View Item View Item