Upaya meningkatkan prestasi mata pelajaran bahasa Inggris melalui layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual pada siswa kelas IX SMP N 2 Tulis Kabupaten Batang Tahun ajaran 2011/2012


Bagus Mahrozi, 1301406037 (2012) Upaya meningkatkan prestasi mata pelajaran bahasa Inggris melalui layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual pada siswa kelas IX SMP N 2 Tulis Kabupaten Batang Tahun ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya meningkatkan prestasi mata pelajaran bahasa Inggris melalui layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual pada siswa kelas IX SMP N 2 Tulis Kabupaten Batang Tahun ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Upaya meningkatkan prestasi mata pelajaran bahasa Inggris melalui layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual pada siswa kelas IX SMP N 2 Tulis Kabupaten Batang Tahun ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Mahrozi, Bagus. 2012. Upaya meningkatkan prestasi mata pelajaran bahasa Inggris melalui layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual pada siswa kelas IX SMP N 2 Tulis Kabupaten Batang Tahun ajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang. Dra. Ninik Setyowani, M.Pd. dan Drs. Heru Mugiarso, M. Pd,. Kons. Kata Kunci: Prestasi Bahasa Inggris, Gaya Belajar Visual Prestasi siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu yang harus diperhatikan. Masuknya mata pelajaran bahasa Inggris dalam mata pelajaran yang diujikan pada ujian nasional (UN) mengindikasikan pentingnya bahasa Inggris sekarang ini. Pelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah pertama berfungsi sebagai alat pengembangan diri siswa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Sangatlah penting membantu siswa yang prestasi bahasa Inggrisnya di bawah standar mata pelajaran bahasa Inggris yang ditetapkan oleh guru mata pelajaran bahasa Inggris. Selain itu juga supaya tidak ada lagi siswa yang dalam proses pembelajaran sehari-hari siswa tidak bisa menjawab beberapa soal yang diberikan oleh guru dan sering siswa tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah mata pelajaran bahasa Inggris. Bahasa Inggris seperti mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Rumusan masalah: Apakah prestasi belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Tulis pada mata pelajaran bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual dapat meningkatkan? Tujuan penelitian ini: Untuk menguji apakah prestasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Tulis dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual. Manfaat penelitian ini: memberikan bahan masukan dan sumbangan pemikiran yang akan menambah perbendaharaan di bidang bimbingan dan konseling, khususnya untuk mengembangkan kajian keilmuan yang berhubungan dengan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual. Penelitian ini termasuk pre-eksperimental design dengan menggunakan pre-test and post test group. Populasi penelitian ini siswa kelas IX SMP N 2 Tulis Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2011/ 2012, berjumlah 139 siswa dengan pengambilan sampel dengan teknik sampling purposive, yaitu siswa yang mempunyai gaya belajar visual. Metode pengumpulan data penelitian: tes prestasi bahasa Inggris hasil kerjasama dengan guru mata pelajaran yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, uji validitasnya: dilakukan melalui penelaahan kisi-kisi tes untuk memastikan bahwa soal-soal tes itu sudah mewakili atau mencerminkan keseluruhan konten atau materi yang seharusnya dikuasai secara proporsional.dan reliabilitasnya: rumus Alpha. Analisis datanya: deskriptif presentase dan rumus t-test. Analisis data diperoleh thitung = 6,56 dan ttabel = 2,002, jadi thitung > ttabel.. Hal ini menunjukkan bahwa ”ada perbedaan tingkat prestasi siswa sebelum dan setelah mendapatkan layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual”.9, Selain itu juga thitung berada pada daerah penolakan Ho, maka dapat disimpulkan Ha diterima, Ho ditolak. Hal ini didukung pula oleh hasil pengamatan terhadap subyek selama diberi perlakuan.Kesimpulan penelitian ini: prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 2 Tulis Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2011/ 2012 dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual pada aspek kompetensi membaca dan menulis. Saran: Bagi guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 2 Tulis, supaya lebih mengintensifkan layanan penguasaan konten berbasis gaya belajar visual kepada siswa sebagai strategi alternatif untuk membantu siswa meningkatkan prestasi belajarnya dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Bagi guru mata pelajaran, supaya lebih meningkatkan kerjasamanya dengan guru bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Bahasa Inggris, Gaya Belajar Visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 04:23
Last Modified: 15 May 2012 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12070

Actions (login required)

View Item View Item