Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Bermain Peran Di Area Bahasa Pada Kelompok TK B Di TK IT Lebah Kecil Jakarta Timur


Taningsih, 16019080 (2011) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Bermain Peran Di Area Bahasa Pada Kelompok TK B Di TK IT Lebah Kecil Jakarta Timur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Bermain Peran Di Area Bahasa  Pada Kelompok TK B Di TK IT Lebah Kecil Jakarta Timur] Microsoft Word (Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Bermain Peran Di Area Bahasa Pada Kelompok TK B Di TK IT Lebah Kecil Jakarta Timur) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Taningsih. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Bermain Peran Di Area Bahasa Pada Kelompok TK B Di TK IT Lebah Kecil Jakarta Timur. Skripsi Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Lita Latiana, S.H. M.H. Pembimbing II: Drs. Sukardi, M.P.d. 139 halaman Kata kunci: Keterampilan berbicara, melalui bermain peran TK Islam terpadu lebah kecil Jakarta Timur merupakan salah satu TK yang masih mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004. Pengembangan kemampuan berbahasa dalam KBK 2004 bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat. Hasil observasi awal pada saat proses pembelajaran di TK IT Lebah Kecil, menunjukkan bahwa 50 % (10 siswa dari 20 siswa) siswa TK B kurang terampil dalam berbicara. Hal ini dikarenakan pembelajaran kurang maksimal, sehingga siswa kurang terampil dalam berbicara dan pencapaian hasil evaluasi siswa pada pokok bahasan berbicara kurang maksimal dengan hasil akhir 50% dari 20 anak. Masalah penelitian adalah: Apakah dengan bermain peran di area bahasa dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK IT Lebah Kecil Jakarta Timur, bagaimana perubahan perilaku anak dalam proses kegiatan bermain peran. Tujuannya adalah Meningkatkan Kemampuan berbicara di area bahasa kelompok TK B TK IT Lebah Kecil Jakarta Timur melalui bermain peran, mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam proses pembelajaran berbicara melalui bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara di area bahasa kelompok TK B TK IT lebah kecil Jakarta Timur melalui bermain peran, mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam proses pembelajaran berbicara melalui bermain peran Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui secara langsung tentang pelaksanaan pembelajaran di TK IT Lebah Kecil Jakarta Timur selam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa TK B TK IT Lebah Kecil. Jumlah siswa sebanyak 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan melalui bermain peran meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa TK B. Terbukti dengan peningkatan pada keterampilan anak dalam berbicara dari awal pra siklus 50% sampai pada siklus III 83%. Untuk aktivitas anak meningkat dari 55% menjadi 100% pada siklus III. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah melalui bermain peran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam berbicara. Disarankan agar guru lebih termotivasi lagi untuk meningkatkan keterampilannya dalam mengajar agar siswa dapat aktif dalam mengikuti pembelajaran di area bahasa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, melalui bermain peran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 03:14
Last Modified: 15 May 2012 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12055

Actions (login required)

View Item View Item