Evaluasi Terhadap Buku Ajar Bilingual pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Temanggung


Beffiria Puriwati, 1102407030 (2012) Evaluasi Terhadap Buku Ajar Bilingual pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Evaluasi  Terhadap  Buku  Ajar  Bilingual  pada  Mata Pelajaran  Matematika  Kelas  VII  di  SMP  Negeri  1  Temanggung] Microsoft Word (Evaluasi Terhadap Buku Ajar Bilingual pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Temanggung) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Puriwati, Beffiria. 2012. Evaluasi Terhadap Buku Ajar Bilingual pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Temanggung, Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Wardi, Pembimbing II : Drs. Budiyono, M.Si. Kata Kunci : Evaluasi Terhadap Penggunaan Buku Ajar Bilingual, Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. Permasalahan penelitian ini adalah tentang penggunaan buku ajar bilingual mata pelajaran matematika kelas VII, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang buku ajar bilingual pada mata pelajaran matematika kelas VII di SMP Negeri 1 Temanggung dan untuk mengetahui kelayakan buku ajar bilingual.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan menyeleksi buku yang akan diteliti, menyusun instrumen, pengumpulan data, analisis data, dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis angket yang menunjukkan bahwa aspek keterbacaan oleh guru menunjukkan bahwa kesesuaian buku ajar bilingual matematika memiliki persentase 77,5% atau dalam kriteria baik. Keterbacaan buku ajar bilingual oleh siswa memiliki persentase 76,09% atau buku ajar bilingual dalam kriteria baik. Kualitas grafika buku ajar bilingual memiliki persentase 79,26% atau dalam kriteria baik. Kualitas bahasa buku ajar bilingual memiliki persentase 77,48% atau dalam kriteria baik. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa buku ajar bilingual yang digunakan dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kelayakan buku ajar bilingual berdasarkan beberapa aspek yang telah ditentukan. Hasilnya diolah secara deskriptif presentase. Untuk perbaikan selanjutnya, saran yang dapat diberikan adalah untuk guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Tidak hanya menggunakan media buku ajar bilingual saja, tetapi guru dapat menggunakan media lain yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Terhadap Penggunaan Buku Ajar Bilingual, Mata Pelajaran Matematika Kelas VII
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 03:09
Last Modified: 15 May 2012 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item