Pengaruh Konflik Peran Ganda Terhadap Stres Kerja pada Ibu yang Bekerja Di UD Kelir Indah Abadi Desa Bedono Kabupaten Semarang Tahun 2012.

Nana Ariyanti, 1550407044 (2012) Pengaruh Konflik Peran Ganda Terhadap Stres Kerja pada Ibu yang Bekerja Di UD Kelir Indah Abadi Desa Bedono Kabupaten Semarang Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Ariyanti, Nana. 2012. Pengaruh Konflik Peran Ganda Terhadap Stres Kerja pada Ibu yang Bekerja Di UD Kelir Indah Abadi Desa Bedono Kabupaten Semarang Tahun 2012. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Sugeng Hariyadi, S.Psi, M.S dan Pembimbing II Rahmawati Prihastuti, S.Psi, M.Si. Kata kunci: Konflik Peran Ganda, Stres Kerja Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena mengenai gejala-gejala stres kerja yang dialami para ibu yang bekerja yang diperkirakan karena pengaruh konflik peran ganda. Konflik ini timbul dari peran wanita yang bekerja dengan tuntutan pekerjaan sekaligus menjadi ibu rumah tangga dengan tuntutan urusan rumah tangga seperti mengurus anak, suami, dan pekerjaan rumah. Berbagai tuntutan tersebut berdampak pada fisik dan psikis ibu berperan ganda. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik peran ganda terhadap stres kerja pada ibu yang bekerja Di UD Kelir Indah Abadi. Subjek pada penelitian ini berjumlah 49 subjek. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Stres kerja diukur dengan skala stres kerja. Skala stres kerja terdiri dari 41 aitem valid. Aitem yang valid tersebut mempunyai p< 0,05 yaitu dengan rentang signifikansi 0,000-0,001. Skala stres kerja mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,965. Konflik peran ganda diukur dengan menggunakan skala konflik peran ganda. Skala konflik peran ganda terdiri dari 30 aitem valid. Aitem yang valid tersebut memiliki p<0,05 yaitu pada rentang signifikansi 0,000-0,010.Skala konflik peran ganda mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,955. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment dan uji pengaruh digunakan analisis regresi yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel stres kerja ibu yang bekerja Di UD Kelir Indah Abadi tergolong tinggi. Demikian juga variabel konflik peran ganda pada ibu yang bekerja di UD Kelir Indah Abadi juga tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara stres kerja dengan konflik peran ganda dengan nilai F sebesar 115,451. Korelasi stres kerja dengan konflik peran ganda diperoleh koefisien r = 0,843 dengan signifikansi atau p = 0,000. Dari hasil penelitian menunjukkan pengaruh konflik peran ganda terhadap stres kerja dengan R Square sebesar 71,1%. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara konflik peran ganda terhadap stres kerja pada ibu bekerja di UD Kelir Indah Abadi Desa Bedono, Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konflik Peran Ganda, Stres Kerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 22:53
Last Modified: 14 May 2012 22:53

Actions (login required)

View Item