Deskriptif Efektivitas Komunikasi Orang Tua dan Anak Tentang Masalah Seksual (Penelitian Pada Siswa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Tahun 2011/2012)

Luthfiana Luluq D’Vega, 1550407032 (2012) Deskriptif Efektivitas Komunikasi Orang Tua dan Anak Tentang Masalah Seksual (Penelitian Pada Siswa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Tahun 2011/2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

D’Vega, Luthfiana Luluq. 2012. Studi Deskriptif Efektivitas Komunikasi Orang Tua dan Anak Tentang Masalah Seksual (Penelitian Pada Siswa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Tahun 2011/2012). Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Siti Nuzulia, S.Psi., M.Si. dan Pembimbing II Rulita Hendriyani S.Psi, M.Si. Kata kunci: Efektivitas Komunikasi Orang Tua dan Anak Tentang Masalah Seksual Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena mengenai efektivitas komunikasi orang tua dan anak tentang masalah seksual. Komunikasi orang tua dan anak tentang masalah seksual masih tergolong buruk. Ketakutan anak untuk mengkomunikasikan masalah seksual kepada orang tua disebabkan karena anak takut salah ‘ngomong’ dan orang tua masih menganggap tabu pembicaraan seputar masalah seksual dengan anak. Hal itu menyebabkab rendahnya efektivitas komunikasi orang tua dan anak tentang masalah seksual. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara deskriptif efektivitas komunikasi orang tua dan anak tentang masalah seksual di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 52 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Efektivitas komunikasi otang tua dan anak tentang masalah seksual diukur dengan skala efektivitas komunikasi orang tua dan anak tentang masalah seksual. Skala efektivitas komunikasi tentang masalah seksual mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,930. Uji analisis menggunakan teknik product moment dengan bantuan program SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel efektivitas komunikasi orang tua dan anak tentang masalah seksual tergolong sedang cenderung rendah. Hasil tersebut ditinjau dari aspek keleluasaan dengan perolehan hasil terbanyak 76,92% atau 40 subjek pada kategori sedang, aspek lamanya waktu dengan perolehan hasil terbanyak 73,08% atau 38 subjek pada kategori sedang dan aspek kedalaman dengan perolehan hasil terbanyak 80,77% atau 42 subjek pada kategori sedang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pembahasan mengenai masalah seksual masih dianggap tabu, dan bagi anak membicarakan masalah seksual dengan orang tua akan membuat anak cenderung merasa tidak nyaman, selain itu buruknya budaya seksualitas yaitu anak tidak dibiasakan untuk mengkomunikasikan masalah seksual dengan anak sejak usia dini.. Kesimpulan yang didapat bahwa secara umum efektivitas komunikasi orang tua dan anak tentang masalah seksual di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok tergolong dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa responden sudah cukup efktif dalam mengkomunikasikan masalah seksual dengan orang tua meskipun belum secara keseluruhan subjek bersedia terbuka kepada orang tua mengenai masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Komunikasi Orang Tua dan Anak Tentang Masalah Seksual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 22:39
Last Modified: 14 May 2012 22:39

Actions (login required)

View Item