Perbedaan Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Alfamart di Desa Pegandon Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal


Rizka Nuri Puspita , 1550405104 (2011) Perbedaan Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Alfamart di Desa Pegandon Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Alfamart di Desa Pegandon Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal] Microsoft Word (Perbedaan Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Alfamart di Desa Pegandon Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Puspita, Rizka Nuri. 2011. Perbedaan Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Alfamart di Desa Pegandon Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Skripsi Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang. Drs. Sugiyarta SL, M.Si, dan Dra. Tri Esti Budiningsih. Kata kunci: Kepuasan, Pelanggan, Indomaret dan Alfamart Kepuasan pelanggan pada umumnya tidak dapat dipastikan karena tiap pelanggan pada suatu perusahaan dagang memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda. Kepuasan antara pelanggan yang satu dengan yang lainnya akan selalu berbeda-beda dari waktu ke waktu. Untuk tetap mempertahankan loyalitas pelanggan, maka faktor kepuasan menjadi salah satu hal yang penting untuk dicermati. Fenomena ini terlihat dari lebih ramainya pelanggan yang mendatangi indomaret ketimbang di alfamart, sehingga dalam hal ini tingkat kepuasan pelanggan indomaret lebih puas dari pada alfamart. Oleh sebab itu, peneliti merasa bahwa hal ini menjadi urgen untuk diteliti.Fenomena ini menarik minat peneliti untuk lebih mengetahui Perbedaan Kepuasan Pelanggan di Indomaret dan Alfamart di desa Pegandon Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang pernah berbelanja di Indomaret yang memiliki kartu Indomaret Card atau pelanggan Alfamart yang memiliki kartu AlfamartKu. Variabel dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi, yaitu skala kepuasan pelanggan sebanyak 66 item. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji t. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan didapatkan koefisien validitas antara 0.22 sampai 0.685 dan uji reliabilitasnya dilakukan dengan rumus alpha cronbach, dihasilkan 0.925. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada Perbedaan Kepuasan Pelanggan indomaret dan alfamart dari uji hipotesis yang menggunakan analisis t-test dengan p = 0.007 < 0.01 artinya secara signifikan ada Perbedaan Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Alfamart di Desa Pegandon Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Kepuasan pelanggan terukur lebih tinggi pada pelanggan Indomaret daripada pelanggan Alfamart. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa terdapat perbedaan antara kepuasan pelanggan antara indomaret dan alfamart. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dengan hal ini data yang diperoleh menyebutkan pelanggan indomaret lebih terpuaskan.Hasil lain yang diperoleh adalah bahwa aspek tangible lebih menonjol daripada aspek-aspek lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pelanggan, Indomaret dan Alfamart
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 02:19
Last Modified: 15 May 2012 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12041

Actions (login required)

View Item View Item