Faktor-Faktor yang mempengaruhi Impulsive Buying pada Mahasiswi Jurusan Psikologi Angkatan 2005 Universitas Negeri Semarang


Nufsan Yudono , 1550405022 (2012) Faktor-Faktor yang mempengaruhi Impulsive Buying pada Mahasiswi Jurusan Psikologi Angkatan 2005 Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-Faktor yang mempengaruhi Impulsive Buying pada Mahasiswi Jurusan Psikologi Angkatan 2005 Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Faktor-Faktor yang mempengaruhi Impulsive Buying pada Mahasiswi Jurusan Psikologi Angkatan 2005 Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Yudono , Nufsan. 2012. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Impulsive Buying pada Mahasiswi Jurusan Psikologi Angkatan 2005 Universitas Negeri Semarang. Skripsi, Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Siti Nuzulia, S.Psi M,Si.Dra. Tri Esti Budiningsih Kata kunci: impulsive buying Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi impulsive buying pada Mahasiswi Psikologi Angkatan 2005 Universitas Negeri Semarang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Unit analisisnya yaitu pembelanjaan impulsif (impulsive buying). Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 orang narasumber primer dan 3 orang narasumber sekunder. Hasil penelitian menunjukkan subjek melakukan impulsive buying dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, faktor eksternal yang ditemukan pada As adalah pertimbangan merek ketika melakukan pembelian, alasan kondisional, dan produk yang tidak dimiliki setiap orang, kemudian faktor eksternal yang ditemukan pada subyek Ni adalah merek produk, adanya dorongan untuk segera berbelanja produk yang murah, pembelian produk-produk baru, faktor lokasi toko, dan tidak adanya perencanaan pembelian, sementara faktor eksternal yang ditemukan pada Rz adalah pengaruh merek terhadap pembelian, adanya produk murah, dan trend yang berkembang di pasaran. Temuan penelitian yang kedua yaitu faktor internal, faktor internal yang ditemukan pada As yaitu adanya kecemasan dalam diri,adanya dorongan menggebu, adanya dorongan dari teman-teman dan adanya penyesalan setelah melakukan pembelian, sementara yang ditemukan pada subyek Ni adalah adanya kecemasan ketika sedang menginginkan produk, adanya dorongan yang menggebu ketika berada di pusat perbelanjaan, adanya penyesalan setelah melakukan impulsive buying, faktor internal yang ditemukan pada subyek Rz yaitu kecemasan ketika sedang menginginkan suatu produk, adanya dorongan yang menggebu, dan mudahnya terpengaruh dengan bujukan teman. Pada temuan penelitian yang terakhir yaitu karakteristik subyek dalam melakukan impulsive buying, pada subyek As ditemukan spontanitas subyek, adanya dorongan yang kuat untuk seketika berbelanja, sementara yang ditemukan pada subyek Ni adalah adanya spontanitas dalam berbelanja, adanya frekuensi dorongan dalam melakukan impulsive buying, kemudian pada subyek terakhir yaitu Rz terdapat karakter yaitu subyek mudah tertarik dengan benda yang disukai, motivasi yang kuat untuk segera berbelanja, dan adanya dorongan emosi yang kuat untuk berbelanja. Implikasi penelitian adalah agar kepada mahasiswi diharapkan dapat lebih bisa mengendalikan diri ketika sedang berada di pusat perbelanjaan, bagi peneliti lain, diharapkan bisa menemukan fenomena yang lebih mendalam dan unik berkaitan dengan kasus impulsive buying.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: impulsive buying
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 02:16
Last Modified: 15 May 2012 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12039

Actions (login required)

View Item View Item