Pengaruh Disparitas Pendapatan, Jumlah Penduduk dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Jawa Tengah Tahun 1984-2009


Indra Rukmana, 7450407033 (2012) Pengaruh Disparitas Pendapatan, Jumlah Penduduk dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Jawa Tengah Tahun 1984-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Disparitas Pendapatan, Jumlah Penduduk dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Jawa Tengah Tahun 1984-2009] Microsoft Word (Pengaruh Disparitas Pendapatan, Jumlah Penduduk dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Jawa Tengah Tahun 1984-2009) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Rukmana, Indra. 2012. ”Pengaruh Disparitas Pendapatan, Jumlah Penduduk dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Jawa Tengah Tahun 1984-2009” Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I, Drs. Bambang Prishardoyo, M.Si. Pembimbing II, Drs. Muhsin, M.Si. Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Disparitas Pendapatan, Jumlah Penduduk dan Inflasi Menurut tipologi daerah, Provinsi Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Pembangunan yang baik dapat tercapai bila pertumbuhan ekonomi tinggi diikuti dengan pemerataan pendapatan atau hasil-hasil pembangunan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana faktor disparitas pendapatan, jumlah penduduk dan inflasi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa data time series, yaitu data dari tahun 1984-2009. Data bersumber dari Badan Pusat Statistik Jawa Tengah dan Bank Indonesia. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi semi log linear berganda dengan metode kuadrat terkecil atau Ordinary Least Square (OLS). Pengujian dilakukan dengan bantuan software komputer EViews 5.0. Variabel yang diteliti meliputi pertumbuhan ekonomi sebagai variabel dependen. Disparitas pendapatan, jumlah penduduk dan inflasi sebagai variabel independen. Hasil penelitian berdasarkan uji F-statistik menunjukkan bahwa secara bersama-sama disparitas pendapatan, jumlah penduduk dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Berdasarkan hasil uji t-statistik disparitas pendapatan dan jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Inflasi tidak berpengaruh segnifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,984951 artinya variabel pertumbuhan ekonomi sebesar 98,49% dipengaruhi oleh variabel disparitas pendapatan, jumlah penduduk dan inflasi dan sisanya sebesar 1,51% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Secara parsial, hanya variabel inflasi yang tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Saran yang berkaitan dari hasil penelitian ini yaitu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi regional tanpa memperbesar ketimpangan pendapatan dan meningkatkan kualitas dan produktivitas sumber daya manusia serta menciptakan lapangan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Disparitas Pendapatan, Jumlah Penduduk dan Inflasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 01:33
Last Modified: 15 May 2012 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item View Item