Peningkatan kualitas pembelajaran PKn dengan model pembelajaran direct Learning pada siswa kelas IV SDN 1 Welahan Jepara


Muhamad Sugiyanto, 1402908099 (2011) Peningkatan kualitas pembelajaran PKn dengan model pembelajaran direct Learning pada siswa kelas IV SDN 1 Welahan Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan kualitas pembelajaran PKn dengan model pembelajaran direct Learning pada siswa kelas IV SDN 1 Welahan  Jepara] Microsoft Word (Peningkatan kualitas pembelajaran PKn dengan model pembelajaran direct Learning pada siswa kelas IV SDN 1 Welahan Jepara) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Sugiyanto, Muhamad. 2011. Peningkatan kualitas pembelajaran PKn dengan model pembelajaran direct Learning pada siswa kelas IV SDN 1 Welahan Jepara. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Harmanto, M. Pd, Pembimbing II: Drs. Sutaryono, M. Pd. Kata kunci : Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran PKn, Direct Learning Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon dan hasil belajar PKn masih rendah disebabkan media pembelajaran yang digunakan masih kurang. pemecahan masalah yang digunakan adalah dengan penerapan pembelajaran direct learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah penerapan pembelajaran direct learning dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran; 2) Apakah penerapan pembelajaran direct learning dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas siswa; 3) Apakah penerapan pembelajaran direct learning dapat meningkatkan respon siswa terhadap pembelajaran PKn; 4) Apakah penerapan pembelajaran direct learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Metodologi Penelitian meliputi, setting tempat dan waktu, yaitu di SDN 1 Welahan. Subyek penelitian guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa terdiri dari 6 putra dan 6 putri, sumber data primer. Sumber data sekunder dari temuan dan catatan selama pelaksanaan penelitian dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap siklus I, II dan III. Teknik pengumpulan data digunakan teknik tes, non tes dan angket. Teknik tes berupa tes tertulis melalui pengumpulan data berupa soal tes, teknik non tes berupa observasi, dokumentasi, dan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 2,5; siklus II sebesar 3.4; dan siklus III sebesar 3,7. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran juga mengalami peningkatan Pada siklus I sebesar 1,4 siklus II sebesar 2,3; dan siklus III sebesar 3,6. Respon siswa mengalami peningkatan. siklus I rata-rata 69 ketuntasan 59%, siklus II sebesar 74 ketuntasan 75%, siklus III sebesar 81 ketuntasan 92%. Diartikan bahwa pembelajaran direct learning mampu meningkatkan kualitas pembelajaran (kemampuan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar) siswa kelas IV SD N I Welahan. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran direct learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas IV SD N 1 Welahan. Disarankan dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau bahan pertimbangan guru khususnya pada mata pelajaran PKn bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran direct learning perlu dikembangkan dan diterapkan di dalam pembelajaran, karena pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran (kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran dan hasil belajar).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran PKn, Direct Learning
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 01:21
Last Modified: 15 May 2012 01:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12032

Actions (login required)

View Item View Item