Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang


Susi Widiawati, 1402408203 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Widiawati, Susi. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing (1) Dra. Kurniana Bektiningsih, M.Pd., dan Pembimbing (2) Drs. A. Zaenal Abidin M.Pd. Kata kunci : Kualitas pembelajaran IPS, Kooperatif teknik kancing gemerincing Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang diberikan pada siswa mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar sampai dengan jenjang pendidikan Sekolah Menengah. Proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan harus memperhatikan pengembangan kemampuan dasar berpikir logis dan kritis, pengembangan komitmen dan kesadaran nilai-nilai sosial, serta pengembangan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama bagi siswa. Berdasarkan observasi awal di SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IV. Guru kurang variasi dalam pemanfatan media, pengelolaan kelas yang kurang baik, adanya siswa yang dominan dalam kerja kelompok, hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 42%. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, peneliti menetapkan alternatif tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Pakintelan 03 Semarang?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui Model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dengan menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 19 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 27 dengan kategori sangat baik dan pada siklus III memperoleh skor 30 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 2,39 kategori cukup, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 2,95 kategori baik dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 3,27 kategori baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 64,5% , meningkat pada siklus II menjadi 77,4%, dan meningkat pada siklus III menjadi 86,6%. Ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus III >80% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan sesuai materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, Kooperatif teknik kancing gemerincing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 01:14
Last Modified: 15 May 2012 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12030

Actions (login required)

View Item View Item