Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer group Dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas III A di SMP Mardisiswa 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007.


Tejo Asmara, 1301402015 (2007) Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer group Dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas III A di SMP Mardisiswa 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer group Dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas III A di SMP Mardisiswa 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007.]
Preview
PDF (Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer group Dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas III A di SMP Mardisiswa 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007.) - Published Version
Download (566kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi di lapangan yang mengindikasikan adanya sikap dan perilaku yang mengarah pada gejala-gejala konsep diri yang negatif pada siswa kelas III A di SMP Mardisiswa 1 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik peer group dalam meningkatkan konsep diri siswa kelas III A di SMP Mardisiswa 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan desain penelitiannya adalah Pre Experimental Design dengan menggunakan jenis One Group Pre-test and Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III yang mempunyai karakteristik yang homogen yaitu dari segi usia, tergolong dalam usia remaja dan sama-sama duduk di kelas III. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi dengan instrumen skala konsep diri sebanyak 86 item. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan uji Wilcoxon. Dari perhitungan diperoleh deskripsi konsep diri siswa sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group memiliki skor rata-rata 165,9. Sedangkan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok melalui peer group, deskripsi konsep diri siswa memiliki skor rata-rata 253,9. Untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dalam meningkatkan konsep diri siswa, dilakukan uji Wilcoxon. Dari hasil perhitungan, diperoleh Z hitung sebesar 3,18 dan nilai Z tabel pada taraf signifikansi 5% dan N=13 diperoleh Z tabel sebesar 1,96. Jadi disini nilai Z hitung = 3,18 > Z tabel = 1,96. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group efektif dalam meningkatkan konsep diri siswa kelas III A di SMP Mardisiswa 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group efektif dalam meningkatkan konsep diri siswa kelas III A di SMP Mardisiswa 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Dari hasil penelitian tersebut mengarahkan rekomendasi agar guru pembimbing di SMP Mardisiswa 1 Semarang hendaknya bisa memberikan pelayanan yang efektif terhadap siswa terutama yang berkaitan dengan konsep diri siswa. Hal itu bisa dilakukan melalui layanan bimbingan dan konseling dan salah satunya adalah dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Apr 2011 01:14
Last Modified: 25 Apr 2015 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item