Peningkatan Keterampilan Berbicara Ragam Krama pada Siswa SD Kelas 2 melalui Media Flash Card.


Fibri Budi Laksono, 1402407042 (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Ragam Krama pada Siswa SD Kelas 2 melalui Media Flash Card. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Berbicara Ragam Krama pada Siswa SD Kelas 2 melalui Media Flash Card.] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Berbicara Ragam Krama pada Siswa SD Kelas 2 melalui Media Flash Card.) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Laksono, Fibri Budi. 2012. Peningkatan Keterampilan Berbicara Ragam Krama pada Siswa SD Kelas 2 melalui Media Flash Card. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Sukardi,M. Pd. Pembimbing II: Dra. Hartati, M. Pd.173 halaman. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Ragam Krama, Media Flash Card. Penguasaan bahasa Jawa khususnya ragam krama di kelas 2 SD Negeri Tlogotirto 03 kecamatan Gabus masih memprihatinkan, karena siswa kurang terbiasa dalam berbicara bahasa Jawa dan tidak memperhatikan unggah-ungguh saat berkomunikasi dengan orang lain. Nilai ketuntasan klasikal mata pelajaran Bahasa Jawa hanya mencapai 44% dengan KKM 60. Melalui pemanfaatan media Flash Card diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Rumusan masalah yang muncul yaitu: bagaimanakah proses pembelajaran berbicara bahasa Jawa melalui media Flash Card pada siswa SD kelas 2?. Masalah tersebut dirinci (1) bagaimanakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran berbicara bahasa Jawa melalui media Flash Card pada siswa SD kelas 2?; (2) bagaimanakah aktivitas siswa SD kelas 2 dalam pembelajaran berbicara bahasa Jawa melalui media Flash Card?; (3) bagaimanakah keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa SD kelas 2 melalui media Flash Card?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran berbicara bahasa Jawa melalui media Flash Card pada siswa SD kelas 2, yang meliputi (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran berbicara bahasa Jawa melalui media Flash Card pada siswaSD kelas 2; (2) mendeskripsikan aktivitas siswa SD kelas 2 dalam pembelajaran berbicara bahasa Jawa melalui media Flash Card; (3) mendeskripsikan keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa SD kelas 2 melalui media Flash Card. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 2 SD Negeri Tlogotirto 03. Jumlah siswa sebanyak 18. Sedangkan variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran berbicara bahasa Jawa melalui media Flash Card; (2) aktivitas siswa SD kelas 2 dalam pembelajaran berbicara bahasa Jawa melalui media Flash Card; (3) keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa SD kelas 2 melalui media Flash Card. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran berbicara bahasa Jawa melalui media Flash Card yang meliputi peningkatan pada keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan keterampilan berbicara siswa. Terbukti dengan peningkatan pada keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, pada siklus I sebesar 61,25 % dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 80% dengan kriteria baik. Aktivitas siswa meningkat sebesar11,5% dari 61,5% pada siklus I menjadi73% pada siklus ke II. Keterampilan berbicara siswa melalui media Flash Card meningkat sebesar 7,5% dari 67,5% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II. Dari hasil tersebut maka dapat disarankan, media Flash Card dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran berbicara. Pembelajaran dengan media Flash Card sebagai pendekatan inovasi pembelajaran, selain pendekatan tematik. Simpulan penelitian ini adalah pemanfaatan media Flash Card dapat meningkatkan keterampilan guru; pemanfaatan media Flash Card dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa; pemanfaatan media Flash Card dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat menggunakan media Flash Card untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Ragam Krama, Media Flash Card
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 00:50
Last Modified: 15 May 2012 00:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12025

Actions (login required)

View Item View Item