Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri tentang Simetri melalui Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) pada Siswa Kelas V SD Negeri Bringin 02 Ngaliyan


Kharifatu Rosida, 1402407035 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri tentang Simetri melalui Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) pada Siswa Kelas V SD Negeri Bringin 02 Ngaliyan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Rosida, Kharifatu. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri tentang Simetri melalui Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) pada Siswa Kelas V SD Negeri Bringin 02 Ngaliyan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing (1) Drs. Moch. Ichsan, M.Pd., dan Pembimbing (2) Drs. A. Zaenal Abidin, M.Pd. Kata kunci : kualitas pembelajaran, simetri, pendekatan PMRI Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Bringin 02 pada tanggal 23 Agustus-30 Oktober 2010 ditemukan masalah dalam pembelajaran matematika di kelas V. Proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa kesulitan menyelesaikan soal pemecahan masalah sehingga hasil belajar siswa rendah. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI), karena dengan menggunakan pendekatan PMRI siswa terlibat langsung dalam menemukan kembali ide dan konsep matematika melalui eksplorasi masalah-masalah nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah pendekatan PMRI dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran geometri tentang simetri? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan PMRI, (2) mendeskripsika peningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan PMRI, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika melalui pendekatan PMRI pada kelas V SD Negeri Bringin 02 Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui pendekatan PMRI dengan menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Bringin 02 Ngaliyan Kota Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh jumlah skor 22 dengan kategori baik, pada siklus II guru memperoleh jumlah skor 26 dengan kategori baik dan pada siklus III jumlah skor meningkat menjadi 29 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah rata-rata skor 19,4 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh jumlah rata-rata skor 24,2 dengan kategori cukup dan pada siklus III aktivitas siswa meningkat menjadi jumlah rata-rata skor 28,6 dengan kategori baik. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 61,6 dengan presentase 59% siswa tuntas belajar, pada siklus II hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 67,8 dengan presentase 75% siswa tuntas belajar dan meningkat pada siklus III dengan nilai rata-rata 76,7 dengan presentase 93,2% siswa tuntas belajar. Ini menunjukkan bahwa presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus III > 90% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan PMRI dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika terutama geometri. Saran bagi guru adalah pendekatan PMRI dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, simetri, pendekatan PMRI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 00:47
Last Modified: 15 May 2012 00:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12024

Actions (login required)

View Item View Item