Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Strategi Interactive Question and Reading Orientation (IQRO) Berbasis Problem Posing Pada Siswa SMA 6 Semarang


Dina Indah Marnia , 4301405042 (2009) Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Strategi Interactive Question and Reading Orientation (IQRO) Berbasis Problem Posing Pada Siswa SMA 6 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Strategi Interactive Question and Reading Orientation (IQRO) Berbasis Problem Posing Pada Siswa SMA 6 Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Strategi Interactive Question and Reading Orientation (IQRO) Berbasis Problem Posing Pada Siswa SMA 6 Semarang) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia saat ini masih belum menekankan kesiapan, keaktifan, dan kreatifitas siswa dalam memahami konsep dan memecahkan masalah dalam soal. IQRO berbasis Problem Posing merupakan strategi yang mengaktifkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah dalam soal. Permasalahan penelitian adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dengan strategi IQRO berbasis Problem Posing. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 3 SMA 6 Semarang. Indikator keberhasilan yaitu 85% siswa memperoleh nilai 65. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA 6 Semarang yang berjumlah 42 siswa. Fokus penelitian adalah hasil belajar, kesiapan, dan keaktifan siswa. Penelitian tindakan ini terlaksana dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil kognitif rata-rata nilai dan ketuntasan pada siklus I sebesar 62 dan 61,90%, pada siklus II sebesar 68,3 dan 78,57%, pada siklus III sebesar 71,4 dan 88,09%. Rata-rata nilai afektif pada siklus I sampai siklus III masing-masing sebesar 72,57; 76,14; dan 82,14. Rata-rata skor kesiapan pada siklus I sampai siklus III masing-masing sebesar 65,62; 72,80; dan 80,48. Rata-rata skor aktivitas pada siklus I sampai siklus III masing-masing sebesar 59,29; 79,01; dan 81,79. Untuk hasil belajar psikomotorik pada siklus I sampai siklus III masing-masing sebesar 71,61; 74,23; dan 80,77. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kesiapan, aktivitas, dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi IQRO berbasis Problem Posing dapat meningkatkan kesiapan, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat penulis berikan yaitu kegiatan pembelajaran hendaknya memberi kesempatan kepada siswa berperan aktif membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui pengalaman belajar secara langsung agar pembelajaran lebih bermakna. Pembelajaran dengan strategi IQRO berbasis Problem Posing dapat dikembangkan pada topik lain yang berkaitan dengan materi hitungan kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IQRO, Problem Posing
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Apr 2011 01:11
Last Modified: 25 Apr 2015 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item