Penerapan CTL dengan Media Gambar dan Atlas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kemligi Batang


Mandrika Agastya, 1401909029 (2012) Penerapan CTL dengan Media Gambar dan Atlas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kemligi Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan CTL dengan Media Gambar dan Atlas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kemligi Batang] Microsoft Word (Penerapan CTL dengan Media Gambar dan Atlas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kemligi Batang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Agastya, Mandrika, 2012. Penerapan CTL dengan Media Gambar dan Atlas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kemligi Batang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Munisah, M.Pd dan Pembimbing II: Drs. Sutaryono, M.Pd. Kata Kunci: Kualitas pembelajaran, CTL, media gambar dan atlas. Pendidikan IPS di SD bertujuan membina anak didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya sendiri serta bagi masyarakat dan negara. Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru menghadapi beberapa kendala dalam melaksanakan pembelajaran IPS di kelas V dan data hasil belajar IPS pada tahun pelajaran 2010/2011 menunjukkan pencapaian ketuntasan klasikal sebesar 44,4%. Hal tersebut dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang terbatas ceramah saja, siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran dan terlihat kurang antusias serta alat peraga yang kurang memadai sehingga berpengaruh pada perolehan nilai rata-rata kelas. Melihat kondisi tersebut, peneliti merencanakan perbaikan dengan menggunakan pendekatan CTL, yaitu pendekatan yang menunjang siswa untuk mencari tahu tentang alam, dapat menemukan hal baru dan meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama dengan harapan aktivitas siswa dan ketuntasan klasikal meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan CTL dengan media gambar dan atlas dapat meningkatkan kemampuan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kemligi Batang?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kemligi Batang. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan CTL dengan media gambar dan atlas dilakukan 3 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam 3 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan CTL dengan media gambar dan atlas dapat : (1) meningkatkan kemampuan guru dengan hasil observasi kemampuan guru pada siklus I rata-rata nilai 2,25 dengan kriteria baik, pada siklus II 2,9 dengan kriteria baik dan pada siklus III meningkat menjadi 3,5 dengan kriteria sangat baik, (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I rata-rata nilai hanya 2,34 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 2,5 dengan kriteria baik kemudian diperbaiki pada siklus III sehingga menjadi 3,29 dengan kriteria sangat baik, dan (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I 54,72 dengan prosentase ketuntasan 50%, siklus II 63,33 dengan prosentase ketuntasan 61% dan siklus III 71,39 dengan prosentase ketuntasan mencapai 83,3%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penelitian yang dilaksanakan berhasil karena melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Disimpulkan bahwa penerapan CTL dengan media gambar dan atlas meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Kemligi Batang. Saran bagi guru, lebih aktif mengkondisikan pembelajaran, menerapkan pendekatan CTL karena mengaktifkan siswa, guru mampu menuntun siswa menggunakan media dan mengembangkan pendekatan CTL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, CTL, media gambar dan atlas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 07:22
Last Modified: 14 May 2012 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12006

Actions (login required)

View Item View Item