Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Cooperatif Learning Tipe STAD dengan Media CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukorejo 2 Mertoyudan Magelang


Hesti Indrawati, 1401909020 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Cooperatif Learning Tipe STAD dengan Media CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukorejo 2 Mertoyudan Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Cooperatif Learning Tipe STAD dengan Media CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas V  SD Negeri Sukorejo 2 Mertoyudan Magelang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Cooperatif Learning Tipe STAD dengan Media CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukorejo 2 Mertoyudan Magelang) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Indrawati,Hesti. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Cooperatif Learning Tipe STAD dengan Media CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukorejo 2 Mertoyudan Magelang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Harmanto, S.Pd M.Pd dan Pembimbing II: Dra. Yuyarti, M.Pd Kata kunci: Kualitas Pembelajaran PKn, Cooperative Learning tipe STAD. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran di SD yang digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia. Berdasarkan observasi awal dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN Sukorejo 2 Mertoyudan Magelang belum optimal, karena cara mengajar guru masih konvensional dan guru kurang memanfaatkan media pembelajaran sehingga mengakibatkan minat belajar siswa rendah dan ketuntasan hasil belajar Dari 40 siswa, yang mendapat nilai ≥65 ada 23 anak (57,5%) dan nilai ≤ 65 ada 17 anak(42,5%). Oleh karena itu, perlu adanya upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Salah satunya adalah menggunakan cooperative learning tipe STAD berbasis media CD Pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukorejo 2 mertoyudan Magelang dalam pembelajaranPkn? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui cooperative learning tipe STAD berbasis media CD pembelajaran di kelas V SDN Sukorejo 2 Mertoyudan Magelang Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Sukorejo 2 Mertoyudan Magelang. Pengambilan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data nontes dilakukan secara kualitatif sedangkan tes dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan cooperatif learning tipe STAD dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa dan hasil pembelajaran PKn. Hasil ketrampilan guru menunjukkan bahwa pada siklus I persentasenya adalah 70%, pada siklus II menjadi 80% dan siklus III adalah 87,5%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,7% meningkat menjadi 78,8% pada siklus II dan 84,8% pada siklus III. Selain itu prestasi hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 67,5% meningkat pada siklus II dengan persentase 75% dan meningkat lagi menjadi 82,5% pada siklus III. Nilai tersebut memenuhi indikator keberhasilan dan ketuntasan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa dengan pendekatan cooperative learning tipe STAD berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan ialah sebaiknya pembelajaran PKn menggunakan pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan pendekatan cooperatif learning tipe STAD agar dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan sekolah. Pendekatan cooperatif learning tipe STAD tidak hanya digunakan dalam pembelajaran PKn saja tetapi untuk semua mata pelajaran lain di sekolah, karena pembelajaran ini mampu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Cooperative Learning tipe STAD
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 07:18
Last Modified: 14 May 2012 07:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item View Item