Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas IV SDN Gebangsari 01 Semarang

Agustin Lestari, 1401909009 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas IV SDN Gebangsari 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Lestari, Agustin. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas IV SDN Gebangsari 01 Semarang. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dra. Sri Hartati, M.Pd, Pembimbing II : Dra Sumilah, M.Pd Kata kunci: Kualitas, Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berdasarkan refleksi awal pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Gebangsari 01 mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran yang belum optimal. Dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan belum ada pembagian kelompok kecil dan perorangan. Sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa masih belajar secara individu, sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan guru? 2) Apakah pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas siswa? 3) Apakah pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran? 4) Apakah pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan guru, (2) meningkatkan aktivitas siswa, (3) mengetahui respon siswa dalam pembelajaran, (4) meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN Gebangsari 01. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru pada siklus I memperoleh skor 35 dengan kriteria cukup, siklus II dengan skor 42 dengan kriteria baik, dan pada siklus III sebesar 51 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 15,2 dengan kriteria cukup, siklus II skor 24,7 dengan kriteria baik, dan siklus III skor 32,4 dengan kriteria baik. Hasil rata-rata respon positif pada siklus I sebesar 53,71%, siklus II sebesar 63,25 %, dan pada siklus III sebesar 82,86 %. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rerata kelas sebesar 62,5 dengan persentase ketuntasan sebesar klasikal 42 %, pada siklus II sebesar 67,7 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 72 %, dan pada siklus III sebesar 80,1 dengan persentase ketuntasan belajar kalsikal sebesar 92 %. Simpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebangsari 01. Saran bagi guru adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran yang lain dan kelas yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 03:14
Last Modified: 14 May 2012 03:14

Actions (login required)

View Item