Fungsi Pusaka Kyai Abirawa Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Kabupaten Batang.


Iin Rahayuningrum , 2102406631 (2011) Fungsi Pusaka Kyai Abirawa Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Fungsi Pusaka Kyai Abirawa Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Kabupaten Batang.]
Preview
PDF (Fungsi Pusaka Kyai Abirawa Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Kabupaten Batang.) - Published Version
Download (115kB) | Preview

Abstract

Upacara Tradisi Kirab Pusaka Kyai Abirawa yaitu upacara yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Batang pada perayaan Hari Jadi Kabupaten Batang. Upacara Tradisi Kirab Pusaka Kyai Abirawa merupakan salah satu upacara tradisi yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Batang. Upacara ini diadakan setahun sekali oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Batang. Berdasarkan penelitian ini yaitu, (1) Bagaimanakah bentuk tradisi yang terdapat dalam Upacara Tradisi Kirab Pusaka Kyai Abirawa di Kabupaten Batang, (2) Apa fungsi ritual Tradisi Kirab Pusaka Kyai Abirawa di kabupaten Batang. Penelitian ini mempunyai tujuan yang ingin dicapai yaitu, (1) mengetahui bentuk tradisi ritual kirab Pusaka Kyai Abirawa di Kabupaten Batang, (2) mengetahui fungsi ritual tradisi Kirab Pusaka Kyai Abirawa di Kabupaten batang. Penelitian ini menggunakan metode teknik Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan pendekatan folklor. Sumber datanya dalam penelitian ini yaitu ketua panitia, ahli waris atau trah Sayid Nur Rochmat, pemerintah dan masyarakat. Pengambilan Data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Tradisi Kirab Pusaka Kyai Abirawa memiliki bentuk tradisi ritual, memiliki fungsi meliputi : fungsi religi, fungsi pelestarian budaya. Bentuk Tradisi Kirab Pusaka yaitu terdiri dari ziarah leluhur, tradisi penjamasan pusaka, tradisi tasyakuran, tradisi kirab pusaka budaya, tradisi tawur arta, tradisi gunungan, dan tradisi wayangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kyai Abirawa, bentuk, fungsi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 May 2012 06:53
Last Modified: 14 May 2012 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item