“Perancangan Poster untuk Penghematan Listrik”


Arif Nursahid, 2450406018 (2012) “Perancangan Poster untuk Penghematan Listrik”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Perancangan Poster untuk Penghematan Listrik” ] Microsoft Word (“Perancangan Poster untuk Penghematan Listrik” ) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Arif Nursahid. 2012. “Perancangan Poster untuk Penghematan Listrik” Proyek Studi Prodi Seni Rupa Konsentrasi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni Rupa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Drs. Ruswondho, Supatmo, S.Pd, M.Hum. Kata Kunci: Poster, Hemat Listrik Teknologi berlistrik menjadi kebutuhan vital masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Penemuan-penemuan teknologi berlistrik dimanfaatkan masyarakat untuk mempermudah pekerjaan dan kehidupan. Listrik digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga konsumsi listrik masyarakat dalam sehari sangat besar. Namun tidak semua dari penggunaan tersebut benar-benar bermanfaat dan lebih cenderung mengarah pada pemborosan. Untuk itulah penulis bermaksud merancang poster sebagai media untuk penghematan listrik untuk masyarakat luas. Perancangan poster dilakukan dengan tahapan-tahapan yang sistematis yaitu menentukan target audiens, penetapan tujuan, studi kepustakaan, menetapkan konsep berkarya, pengadaan gambar, seleksi gambar, pengembangan desain poster secara komputerisasi, konsultasi karya dan penyajian karya desain dalam pameran. Software Adobe Photoshop dan Coreldraw sebagai penunjang pembuatan karya poster. Poster dibuat dengan mempertimbangkan unsur-unsur rupa dan prinsip-prinsip desain sehingga poster terlihat lebih estetis tanpa menghilangkan fungsi utama poster yaitu memberi himbauan dan ajakan kepada masyarakat luas agar sadar untuk berhemat listrik sehingga tidak terjadi pemadaman listrik. Pesan yang disampaikan jelas dan padat dengan visualisasi yang menarik agar audiens dapat terpengaruh isi yang disampaikan. Hasil akhir dari karya adalah 15 poster media untuk penghematan listrik yang telah disesuaikan dengan kriteria masyarakat luas sehingga masyarakat dapat dengan mudah menangkap dan menerima pesan yang disampaikan dalam poster. Ke 15 poster tersebut memiliki orisinilitas dari penulis dan masing-masing poster memiliki pesan-pesan beragam untuk menghemat listrik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Poster, Hemat Listrik
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 May 2012 01:53
Last Modified: 11 May 2012 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11972

Actions (login required)

View Item View Item