Novel Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi sebagai Bahan Ajar Sastra Berbasis Pendidikan Karakter di SMA/MA.


Nur Indra Kumalasari , 2101407174 (2012) Novel Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi sebagai Bahan Ajar Sastra Berbasis Pendidikan Karakter di SMA/MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Novel Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi sebagai Bahan Ajar Sastra Berbasis Pendidikan Karakter di SMA/MA.]
Preview
PDF (Novel Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi sebagai Bahan Ajar Sastra Berbasis Pendidikan Karakter di SMA/MA.) - Published Version
Download (158kB) | Preview

Abstract

Novel adalah salah satu prosa fiksi yang dijadikan sebagai bahan ajar untuk berapresiasi sastra dalam mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Namun, tidak mudah menentukan novel yang dapat dijadikan bahan ajar. Novel harus memenuhi kriteria bahan ajar sastra yang baik. Salah satu kriterianya adalah novel memuat nilai pedagogis. Berdasarkan observasi awal penulis, novel Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi adalah salah satu novel yang mengangkat nilai pedagogis yang berupa nilai pendidikan karakter untuk siswa SMA/MA. Oleh karena itu, penulis memprediksikan bahwa novel ini dapat dijadikan bahan ajar sastra yang berbasis pendidikan karakter di SMA/MA. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini mencakup (1) bagaimanakah kesesuaian antara novel Ranah Tiga Warna sebagai bahan ajar sastra dengan kriteria bahan ajar sastra yang baik dan (2) apakah novel Ranah Tiga Warna dapat dijadikan bahan ajar sastra yang berbasis pendidikan karakter di SMA/MA. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kesesuaian novel Ranah Tiga Warna sebagai bahan ajar sastra dengan kriteria bahan ajar sastra yang baik dan (2) mendeskripsikan apakah novel Ranah Tiga Warna dapat dijadikan bahan ajar sastra yang berbasis pendidikan karakter di SMA/MA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, dan paragraf dan dialog dalam teks yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka tahun 2011. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) membaca secara keseluruhan teks novel Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi secara berulang-ulang (2) mencari unsur-unsur intrinsik, nilai-nilai pendidikan karakter, serta aspek lain yang mendukung kevalidan dan kesesuaian novel Ranah Tiga Warna sebagai bahan ajar sastra (3) menganalisis unsur-unsur intrinsik, nilai-nilai pendidikan karakter, serta aspek lain yang mendukung kevalidan dan kesesuaian novel Ranah Tiga Warna sebagai bahan ajar sastra (4) menyimpulkan apakah novel Ranah Tiga Warna dapat dijadikan bahan ajar sastra sesuai dengan kriteria bahan ajar sastra yang baik (5) melaporkan hasil analisis dalam bentuk tulisan. Hasil analisis novel Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi adalah (1) novel Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi sesuai dengan kriteria bahan ajar sastra yang baik dilihat dari aspek kevalidan dan aspek kesesuaian (2) novel Ranah Tiga Warna dapat dijadikan bahan ajar sastra yang berbasis pendidikan karakter di SMA/MA. Penelitian ini terbatas pada novel Ranah Tiga Warna yang dapat dijadikan bahan ajar sastra berbasis pendidikan karakter. Untuk itu, penulis menyarankan agar ada penelitian lanjut mengenai novel ini dengan kajian berbeda sehingga penelitian ini semakin sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: novel, bahan ajar sastra, pendidikan karakter
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 May 2012 01:46
Last Modified: 11 May 2012 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11969

Actions (login required)

View Item View Item