Gaya Hidup Kelompok Musik Dangdut Arizona Desa Jebed Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang


Sani Aulia , 250340602 (2011) Gaya Hidup Kelompok Musik Dangdut Arizona Desa Jebed Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Gaya Hidup Kelompok Musik Dangdut Arizona Desa Jebed Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang] Microsoft Word (Gaya Hidup Kelompok Musik Dangdut Arizona Desa Jebed Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Aulia, Sani. 2011. Gaya Hidup Kelompok Musik Dangdut Arizona Desa Jebed Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Skripsi jurusan pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, FBS Unnes. Pembimbing I : Drs. Eko Raharjo, M.Hum dan Pembimbing II : Drs. Wadiyo, M.Si. Gaya hidup merupakan segala tindakan atau tingkah laku seseorang atau sekelompok orang yang membuat meraka merasa nyaman dalam menjalani hidup dan bertujuan untuk menunjukan identitas atau jati diri mereka kepada orang lain. Permasalahan penelitian ini mengenai bagamanakah gaya hidup kelompok musik Arizona Desa Jebed Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang dengan batasan cara berpenampilan, kegemaran berkaitan dengan hobi dalam hubunganya dengan pemanfaatan waktu luang dan uang, perilaku dalam bermusik, perilaku dalam kelompok, dan perilaku dalam masyarakat. Tujuan peneltian ini adalah untuk memberikan informasi tentang gaya hidup kelompok musik Arizona Desa Jebed Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskiptif kualitatif. Dalam pengertian pnelitian ini hanya memuat fakta dalam bentuk deskripsi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota kelompok musik dangdut Arizona. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data interaksi terdiri dari reduksi data, penyaajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anggota kelompok musik Arizona mempunyai ciri gaya hidup, sebagai berikut : Cara berpenampilan, pada hari-hari biasa para personil Arizoana mengenakan kaos hitam bertuliskan Arizona, dan memakai hem putih (pentas) untuk menghadiri acara-acara seperti pernikahan, sunatan, dan lain sebagainya. Kegemaran berkaitan dengan hobi dalam hubunganya dengan pemanfaatan waktu luang dan pemanfaatan uang, para personil kebanyakan memiliki hobi yang sama, yaitu salalu mendengarkan, dan memaikan musik dangdut di waktu luang, baik sendiri atau jika sedang berkumpul bersama. Untuk pemanfaatan uang para personil mempunyai cara sendiri-sendiri, sesuai dengan kebutuhan hidup mereka. Untuk perilaku dalam kelompok dan perilaku dalam masyarakat para personil memiliki perilaku yang baik, dengan menjaga toleransi antar sesama personil, dan menjaga sikap peduli terhadap masyarakat di sekitar. Berpijak dari hasil penelitian, saran dan masukan dari penulis adalah perlu adanya partisipasi yang lebih besar dari para seniman, masyarakat, dan pemerintah khususnya, Demi berkembangnya kesenian musik dangdut yang tumbuh di Kabupaten pemalang, khususnya di Desa Jebed Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Bentuk partisipasi dapat berupa penghargaan secara nyata kepada para pelaku musisi dangdut atau memberi masukan positif demi perkembangan kesenian musik dangdut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 May 2012 01:45
Last Modified: 11 May 2012 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11968

Actions (login required)

View Item View Item