Pembelajaran Menggambar di SMP Negeri 1 Batealit Jepara


Ekky. L. S. C. Wicaksana, 2401406054 (2011) Pembelajaran Menggambar di SMP Negeri 1 Batealit Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Menggambar di SMP Negeri 1 Batealit Jepara] Microsoft Word (Pembelajaran Menggambar di SMP Negeri 1 Batealit Jepara) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Wicaksana, Ekky. L. S. C. 2011. Pembelajaran Menggambar di SMP Negeri 1 Batealit Jepara. Skripsi. Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Drs. PC. S. Ismiyanto M. Pd; Dosen Pembimbing II: Drs. Syakir, M.Sn. Kata Kunci : lingkungan alam sekitar, sumber belajar, menggambar. Pembelajaran menggambar dengan ketersediaan sumber belajar di lingkungan alam sekitar secara natural dapat dimanfaatkan untuk objek menggambar bagi siswa SMP. Selama ini kegiatan belajar menggambar hanya berpusat pada keadaan yang ada di dalam ruangan sehingga tidak ada variasi pendukungya seperti suasana baru yang ditemukan di luar lingkungan sekitar sekolah misalnya menceritakan suasana kantin dan suasana persawahan melalui gambar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah,, (1) Bagaimanakah langkah pembelajaran menggambar bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Batealit Jepara, dan (2) Hasil karya siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Batealit Jepara setelah mengikuti pembelajaran menggambar melalui pemanfaatan lingkungan alam sekitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan SMP N 1 Batealit sebagai latar penelitian. Sasaran penelitian difokuskan pada lingkungan alam sekitar yang dapat dimanfaatkan, langkah pembelajaran, dan hasil karya menggambar pada kelas VIII A SMP N 1 Batealit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pembelajaran menggambar pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Batealit Jepara berlangsung sebanyak tiga kali pertemuan, interaksi antara guru dan siswa pada saat proses pembelajaran out door berlangsung baik. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui tahap pendahuluan, inti, penutup dan penilaian. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab dan observasi objek gambar lingkungan alam sekitar. Hasil karya menggambar kelas VIII A SMP Negeri 1 Batealit Jepara diklasifikasikan berdasarkan kreativitas dan kualitas karya berkategori berhasil, kurang berhasil. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran: (1) Guru harus lebih bijak dalam memilih sumber belajar lingkungan alam sekitar, (2) Mengingat langkah pembelajaran menggambar outdoor membutuhkan banyak waktu, baik dalam penyampaian materi maupun dalam proses berkarya, maka guru hendaknya mengembangkannya melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah, (3) Guru perlu memperhatikan tempo penyampaian materi dan mempersiapkan media sebagai peraga sebelum pelaksanaan pembelajaran outdoor dilaksanakan, (4) Guru perlu mengarahkan dan mengembangkan hasil karya siswa menjadi karya yang lebih berfungsi, serta dipublikasikan dalam bentuk pameran kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lingkungan alam sekitar, sumber belajar, menggambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 May 2012 01:03
Last Modified: 11 May 2012 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11956

Actions (login required)

View Item View Item