Pembelajaran Menggambar Motif Batik di Kelas VIII A SMP Negeri 02 Pekalongan.

Nadia. P Dewi, 2401406002 (2012) Pembelajaran Menggambar Motif Batik di Kelas VIII A SMP Negeri 02 Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Dewi, Nadia. P. Pembelajaran Menggambar Motif Batik di Kelas VIII A SMP Negeri 02 Pekalongan. Skripsi. Jurusan Seni Rupa FBS UNNES. Pembimbing: I. Drs. Syafii, M. Pd. II. Dra. Aprillia, M. Pd Kata Kunci: Pembelajaran, Menggambar, Motif Batik. Batik merupakan salah satu hasil kebudayaan bangsa yang harus dilestarikan. Salah satu sekolah yang peduli akan pelestarian batik adalah SMP Negeri 02 Pekalongan. Sebagai contoh kepedulian SMP Negeri 02 Pekalongan akan pelestarian batik adalah sudah lama dilaksanakannya pembelajaran menggambar motif batik sesuai kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana proses pembelajaran menggambar motif batik di kelas VIII A SMP Negeri 02 Pekalongan?, bagaimana hasil pembelajaran menggambar motif batik di kelas VIII A SMP Negeri 02 Pekalongan?, serta apa sajakah faktor-faktor determinan pembelajaran menggambar motif batik di kelas VIII A SMP Negeri 02 Pekalongan?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi yang dipilih peneliti dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 02 Pekalongan. Sasaran penelitian ini adalah pembelajaran menggambar motif batik di kelas VIII SMP Negeri 02 Pekalongan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII A. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, intepretasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggambar motif batik di kelas VIII A SMP Negeri 02 Pekalongan dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan dalam pembelajaran menggambar motif di SMP Negeri 02 Pekalongan adalah siswa mampu berkarya menggambar motif batik. Materi pembelajaran menggambar motif batik meliputi pengertian batik, jenis-jenis motif batik, unsur dan prinsip rupa dalam mendesain, media dan prosedur berkarya menggambar motif batik. Metode yang digunakan guru adalah metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penugasan. Evaluasi berupa penugasan praktik berkarya menggambar motif batik. Penilaian karya siswa berdasarkan aspek ide/gagasan, pengolahan media, dan visualisasi karya. Hasil karya siswa kelas VIII A dalam pembelajaran menggambar motif batik mencapai nilai rata-rata kelas 79 yang termasuk dalam kategori penilaian cukup baik. Hasil gambar siswa yang bermotif geometris sebanyak 27%, bermotif non-geometris sebanyak 67%, dan bermotif benda alam sebanyak 6%. Determinan pembelajaran intern meliputi minat dan jenis kelamin, sedangkan ekstern meliputi latar belakang pendidikan guru, sarana dan prasarana, metode pembelajaran, dan alokasi waktu. Saran yang dapat diberikan adalah (1) guru hendaknya senantiasa mengacu pada Kompetensi Dasar (KD) yang sudah ditetapkan Kemendiknas. Karena ketetapan KD dari Kemendiknas merupakan acuan baku dalam pelaksanaan pembelajaran dan guru hendaknya lebih memahami betul bagaimana merinci standar kompetensi ke dalam sejumlah kompetensi dasar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan SK-KD yang terdapat dalam kurikulum, (2) guru hendaknya perlu memanfaatkan media pembelajaran yang lebih bervariasi, (3) guru hendaknya lebih maksimal dalam menerapkan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Menggambar, Motif Batik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 21:00
Last Modified: 10 May 2012 21:00

Actions (login required)

View Item