Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Dalam Pembelajaran Seni Budaya Pokok Bahasan Seni Grafis di SMA Negeri 2 Ungaran,


Fajar Ardiansah, 2401404041 (2012) Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Dalam Pembelajaran Seni Budaya Pokok Bahasan Seni Grafis di SMA Negeri 2 Ungaran,. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran  CD Interaktif Dalam Pembelajaran Seni Budaya Pokok Bahasan Seni Grafis di SMA Negeri 2 Ungaran] Microsoft Word (Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Dalam Pembelajaran Seni Budaya Pokok Bahasan Seni Grafis di SMA Negeri 2 Ungaran) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Fajar Ardiansah, Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Dalam Pembelajaran Seni Budaya Pokok Bahasan Seni Grafis di SMA Negeri 2 Ungaran, Skripsi. Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Semarang Banyak kendala yang dialami guru Seni Budaya saat menyampaikan materi pembelajaran di kelas. Beberapa kendala yang sering dialami guru seperti masalah verbalisme dan sulitnya menyesuaikan waktu akibat terlalu sempitnya jam pelajaran dengan beban materi yang harus disampaikan. Kesulitan dalam membagi waktu akibat tidak imbangnnya antara jam pelajaran dengan beban materi membuat proses belajar mengajar menjadi kurang efektif bila harus disampaikan dengan cara konvesiaonal seperti menggunakan metode simulasi maupun ceramah. Khusus untuk pokok bahasan desain grafis seringkali guru mengalami masalah saat mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktek di kelas. Saat proses penataan alat dan bahan baru selesai dan materi pelajaran baru disampaikan tetapi bel peralihan jam pelajaran sudah terdengar sehingga seringkali materi pelajaran belum tersampaikan secara tuntas kepada siswa. Hal ini tentu sangat jauh dari harapan karena kegiatan belajar tidak bisa disampaikan secara efektif. Melihat keadaan ini maka penulis merasa tertarik untuk memanfaatkan CD Interaktif pembelajaran dalam rangka membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Rancangan CD pembelajaran interaktif yang dikembangkan mengikuti struktur materi ajar dimana pada bagian main menu tersedia tiga pilihan yaitu menu pendahuluan, menu materi seni grafis, dan menu penutup. Pada tiap-tiap menu berisi sub menu yang menerangkan lebih detail tentang materi yang bisa dipelajari secara mandiri oleh siswa. Pembuatan CD pembelajaran interaktif ini menggunakan bantuan program aplikasi Macromedia Flash. Program ini dipilih sebagai software yang mendukung pembelajaran karena melalui penggunaan program macromedia Flash memungkinkan pengguna dapat menyampaikan bahan ajar secara interaktif. Selain itu bahan ajar yang disampaikan guru menjadi menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa karena didalamnya bisa ditambahkan unsur animasi yang menyebabkan tampilan media pembelajaran menjadi lebih menarik. Perangkat lunak macromedia Flash memiliki kelengkapan dan kesesuaian untuk diimplementasikan menjadi program bantu pembuatan media pembelajaran. Untuk melakukan instalasi maka terlebih dahulu harus dipersiapkan seperangkat komputer dengan spesifikasi hardware prosesor Pentium IV 500 Mhz, RAM 256 MB, dan Hardisk 10 GB. Spesifikasi hardware tersebut sebenarnya bisa lebih rendah minimal prosesor pentium II, tapi untuk hasil yang lebih baik maka penulis menggunakan spesifikasi prosesor Pentium IV. Setelah itu program aplikasi bisa diinstal ke komputer agar bisa dijalankan untuk membuat media pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 May 2012 00:52
Last Modified: 11 May 2012 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11953

Actions (login required)

View Item View Item