Pengembangan Bahan Ajar Berdiskusi Berwawasan Kebangsaan dengan Pendekatan Berbasis Masalah untuk Siswa SMA Kelas XI


Dyah Fitri Aryani , 2101407140 (2012) Pengembangan Bahan Ajar Berdiskusi Berwawasan Kebangsaan dengan Pendekatan Berbasis Masalah untuk Siswa SMA Kelas XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berdiskusi Berwawasan Kebangsaan dengan Pendekatan Berbasis Masalah untuk Siswa SMA Kelas XI]
Preview
PDF (Pengembangan Bahan Ajar Berdiskusi Berwawasan Kebangsaan dengan Pendekatan Berbasis Masalah untuk Siswa SMA Kelas XI) - Published Version
Download (460kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi siswa SMA kelas XI adalah dengan memenuhi kebutuhan bahan ajar berdiskusi. Degradasi moral dan lunturnya semangat kebangsaan menjadikan siswa lupa terhadap jati diri bangsanya. Salah satu cara untuk menumbuhkan kembali adalah dengan memberikan pendidikan wawasan kebangsaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sebuah bahan ajar berdiskusi berwawasan kebangsaan dengan pendekatan berbasis masalah untuk siswa SMA kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar berdiskusi yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMA kelas XI, mengetahui prototipe bahan ajar berdiskusi berwawasan kebangsaan dengan pendekatan berbasis masalah untuk siswa SMA kelas XI yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, mengetahui penilaian guru dan ahli terhadap penilaian bahan ajar berdiskusi berwawasan kebangsaan dengan pendekatan berbasis masalah untuk siswa SMA kelas XI, dan mengetahui reapon siswa terhadap adanya bahan ajar berdiskusi berwawasan kebangsaan dengan pendekatan berbasis masalah untuk siswa SMA kelas XI yang telah dikembangkan peneliti. Desain penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yang dilakukan dalam tujuh tahap penelitian. Subjek pemerolehan data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan bahan ajar berdiskusi yang memuat konsep, fakta, prinsip, dan prosedur pelaksanaan diskusi. Bahan ajar berdiskusi berwawasan kebangsaan dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah untuk siswa SMA kelas XI yang dihasilkan mendapatkan penilaian dengan kategori baik. Setelah melakukan penambahan beberapa komponen materi dan penyajian, siswa memberikan respon yang positif terhadap bahan ajar tersebut. Berdasarkan temuan tersebut dapat dikemukakan saran sebagai berikut. Pertama, perlu diadakan pengembangan bahan ajar berdiskusi yang lain untuk melengkapi kekurangan pada bahan ajar berdiskusi berwawasan kebangsaan. Kedua, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan bahan ajar berdiskusi berwawasan kebangsaan dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah untuk siswa SMA kelas XI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar berdiskusi, wawasan kebangsaan, pendekatan berbasis masalah
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 May 2012 07:13
Last Modified: 10 May 2012 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item