Pengembangan Bahan Ajar Menyunting Teks Berita Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) bagi Siswa SMP/MTs
Akhmila Sofiyana , 2101407126 (2011) Pengembangan Bahan Ajar Menyunting Teks Berita Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) bagi Siswa SMP/MTs. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengembangan Bahan Ajar Menyunting Teks Berita Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) bagi Siswa SMP/MTs)
- Published Version
Download (60kB) | Preview |
Abstract
i SARI Sofiyana, Akhmila. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Menyunting Teks Berita Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) bagi Siswa SMP/MTs. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Bambang Hartono, M.Hum., Pembimbing II: Drs. Wagiran, M.Hum. Kata kunci: menyunting, teks berita, pendekatan Problem Based Learning, dan bahan ajar. Pembelajaran menyunting teks berita untuk tingkat SMP/MTs membutuhkan bahan ajar. Bahan ajar yang ada di lapangan masih bersifat umum dan bersifat teoretis, belum dikhususkan untuk tingkat SMP/MTs. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar menyunting teks berita yang lengkap, yaitu mencakup materi yang bersifat teoretis maupun materi yang bersifat praktis. Dalam hal ini peneliti menyusun bahan ajar menyunting teks berita dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang sesuai dengan kebutuhan siswa maupun guru. Tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui profil bahan ajar, mengetahui penilaian bahan ajar, mengetahui prototype bahan ajar, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap bahan ajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development (R&D) yang dilakukan dengan enam tahap. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data kebutuhan buku ajar yang dibutuhkan siswa maupun guru SMP/MTs. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil penelitian, yaitu analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menyunting teks berita meliputi kebutuhan isi bahan ajar, adanya kebutuhan penggunaan bahasa yang mudah dipahami siswa, kebutuhan grafika bahan ajar. Penilaian yang didapatkan dari guru dan ahli dengan nilai rata-rata materi bahan ajar, bahasa dan keterbacaan dengan kategori baik, grafika dengan kategori baik, evaluasi dengan kategori baik. Perbaikan-perbaikan yang dilakukan yaitu perubahan sedikit pada isi, jenis tulisan pada cover bahan ajar, perubahan komposisi warna pada bahan ajar, dan perubahan bahasa pada bahan ajar. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini, yaitu pertama, siswa dan guru membutuhkan buku ajar menyunting teks berita menggunakan pendekatan Problem Based Learning yang dikemas menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Kedua, buku menyunting teks berita yang diinginkan adalah buku menyunting teks berita yang sesuai dengan perkembangan siswa SMP/MTs. Di samping itu, buku menyunting teks berita tersebut disusun dengan ketebalan yang disesuaikan dengan kondisi kemampuan siswa SMP. Selain itu, disertakan materi-materi mengenai menyunting teks berita dan terdapat tandatanda dalam penyuntingan. Saran yang peneliti rekomendasikan, yaitu Pertama, guru dapat menggunakan bahan ajar ini sebagai sarana untuk memotivasi siswa dalam belajar menyunting teks berita. Kedua, siswa memperbanyak latihan menyunting agar mampu meningkatkan keterampilan menyunting. Ketiga, perlu diadakan pengembangan terhadap bahan ajar menyunting yang lain untuk melengkapi bahan ajar menyunting teks berita. Selain itu, perlu juga dikembangkan bahan ajar menyunting yang sudah disesuaikan dengan kompetensi dasar tertentu, sehingga materi yang dibahas bisa lebih spesifik dan mendalam. Keempat, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan bahan ajar menyunting teks berita menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk siswa SMP/MTs. Pengujian yang lebih lanjut ini akan menghasilkan saran dan perbaikan yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas produk agar lebih sempurna.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menyunting, teks berita, pendekatan Problem Based Learning, dan bahan ajar. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 10 May 2012 07:08 |
Last Modified: | 10 May 2012 07:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11946 |
Actions (login required)
View Item |