Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Cerita Humor Radio Harbos Fm Kota Pati


Sonny Chandra D, 2151405008 (2012) Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Cerita Humor Radio Harbos Fm Kota Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Cerita Humor Radio Harbos Fm Kota Pati] Microsoft Word (Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Cerita Humor Radio Harbos Fm Kota Pati) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Chandra D, Sonny. 2012. Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Cerita Humor Radio Harbos Fm Kota Pati. Skripsi. Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni. Unnes. Pembimbing I : Drs. Widodo; Pembimbing II : Nur Fateah, S.Pd., M.A. Kata kunci : Tindak Tutur Direktif, Cerita Humor, Radio Harbos FM Kota Pati. Pemakaian bahasa dalam Cerita Humor Radio Harbos FM Kota Pati berbeda dengan bahasa humor lain, karena dalam Cerita Humor Radio Harbos FM Kota Pati menampilkan bahasa Khas dari Pati. Cerita Humor Radio Harbos FM Kota Pati memberikan lawakan yang menggambarkan kehidupan sehari-hari dan sekaligus memberikan tanggapan ataupun sindiran terhadap perilaku masyarakat Pati. Pemakaian bahasa dalam Radio Harbos FM Kota Pati sering menggunakan bahasa yang dapat mengundang tawa pendengar, untuk itulah penelitian ini dilakukan. Masalah penelitian ini meliputi apa sajakah fungsi dan modus tuturan direktif dalam wacana Humor Cerita Humor Radio Harbos FM Kota Pati. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mengidentifikasi fungsi dan modus tuturan direktif dalam wacana humor Radio Harbos FM Kota Pati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dua pendekatan, yaitu pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Pendekatan secara metodologis yang digunakan adalah kualitatif dan deskriptif. Data dan sumber data penelitian ini berupa penggalan tuturan yang mengandung fungsi dan modus tuturan direktif dalam wacana Cerita Humor Radio Harbos FM Kota Pati. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode identifikasi. Teknik pemaparan hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi dan modus tuturan direktif dalam wacana Cerita Humor Radio Harbos FM kota pati dapat ditemukan sekaligus dalam satu tuturan. Fungsi tuturan direktif yang ditemukan adalah fungsi direktif meminta, menyarankan, memaksa, menyuruh, memohon, mengajak, menantang, dan menagih. Modus tuturan yang ditemukan ada tiga yaitu modus imperatif, interogatif dan deklaratif. Fungsi tuturan direktif meminta, dan menantang terbagi atas dua modus yakni modus imperatif, dan interogatif. Fungsi tuturan direktif menyarankan, mengancam, menyuruh, dan mengajak terdiri atas satu modus imperatif. Fungsi direktif memaksa terdiri dari satu modus tuturan yaitu interogatif. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyarankan penelitan selanjutnya akan lebih baik dapat ditemukan hal baru yang dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur Direktif, Cerita Humor, Radio Harbos FM Kota Pati.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 05:24
Last Modified: 10 May 2012 05:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11939

Actions (login required)

View Item View Item