Studi Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Seni Musik Di Kelas V Sekolah Dasar Se-UPTD DIKPORA Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011/2012

Aditya Dwi Cahyo Nugroho, 2503407025 (2012) Studi Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Seni Musik Di Kelas V Sekolah Dasar Se-UPTD DIKPORA Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Nugroho, Aditya Dwi Cahyo. 2012. Studi Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Seni Musik Di Kelas V Sekolah Dasar Se-UPTD DIKPORA Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. F. Totok Sumaryanto, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Syahrul Syah Sinaga, M.Hum. Kata kunci: evaluasi, kinerja guru, intensitas, pembelajaran seni musik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kinerja guru dalam pembelajaran seni musik di kelas V SD se-UPTD DIKPORA Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011-2012?; (2) Bagaimana intensitas pembelajaran seni musik di kelas V SD se-UPTD DIKPORA Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011/2012?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi evaluasi dengan pendekatan diskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang mengajar seni musik di kelas V SD se-UPTD DIKPORA Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak, berjumlah 20 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan beberapa macam instrumen yaitu: angket atau kuesioner, dokumentasi, dan chek list. Untuk mengolah dan menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif. Kesimpulan hasil: (1) Guru yang memiliki kompetensi professional tinggi dalam pembelajaran Seni Musik belum tentu memiliki kinerja yang tinggi pula, jika tidak didukung oleh sikap dan motivasi kerja yang tinggi terhadap pembelajaran Seni Musik; (2) Tinggi rendahnya intensitas pembelajaran Seni Musik bergantung kepada tinggi rendahnya intensitas pelaksanaan tiap-tiap tahapan pokok dalam pembelajaran Seni Musik, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Saran-saran/rekomendasi: (1) Untuk mengatasi rendahnya kinerja guru dalam pembelajaran Seni Musik, agar meningkatkan kompetensi profesionalnya dalam pembelajaran Seni Musik antara lain dengan cara mengikuti kursus-kursus dan pihak sekolah disarankan menambah/melengkapi alat-alat bantu pembelajaran Seni Musik baik melalui permohonan bantuan kepada dinas/instansi terkait maupun melalui dana BOS atau swadaya dengan melibatkan pertisipasi orang tua murid dan masyarakat sekitarnya; (2) Untuk mengatasi rendahnya intensitas pembelajaran Seni Musik, disarankan para guru untuk membuat perencanaan/persiapan mengajar yang matang dalam pembelajaran Seni Musik, sebab pembelajaran hanya dapat terlaksana dengan intensif jika dikelola dan dilaksanakan menurut perencanaan yang matang. Karena mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan khususnya Seni Musik memerlukan keahlian khusus, maka perlu adanya guru mata pelajaran Seni Musik di setiap SD untuk itu pihak sekolah, dinas pendidikan, dan instansi terkait disarankan agar mengupayakan terpenuhinya setiap SD memiliki guru mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan khususnya Seni Musik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kinerja guru, intensitas, pembelajaran seni musik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 01:19
Last Modified: 10 May 2012 01:19

Actions (login required)

View Item