Ekspresi Seni Kaum Nelayan (Penggunaan Musik Dangdut pada Saat Penyortiran Ikan bagi Nelayan di Pelabuhan Tasik Agung Rembang)


Pandan Sari, Ratna, 2503407005 (2012) Ekspresi Seni Kaum Nelayan (Penggunaan Musik Dangdut pada Saat Penyortiran Ikan bagi Nelayan di Pelabuhan Tasik Agung Rembang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Ekspresi Seni Kaum Nelayan (Penggunaan Musik Dangdut pada Saat Penyortiran Ikan bagi Nelayan di Pelabuhan Tasik Agung Rembang)] Microsoft Word (Ekspresi Seni Kaum Nelayan (Penggunaan Musik Dangdut pada Saat Penyortiran Ikan bagi Nelayan di Pelabuhan Tasik Agung Rembang)) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Pandan Sari, Ratna. 2012. Ekspresi Seni Kaum Nelayan (Penggunaan Musik Dangdut pada Saat Penyortiran Ikan bagi Nelayan di Pelabuhan Tasik Agung Rembang)”. Skripsi, Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : Ekspresi Seni, Nelayan, Musik Dangdut, Penyortiran Ikan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana ekspresi seni kaum nelayan dalam hubungannya dengan penggunaan musik dangdut pada saat penyortiran ikan bagi nelayan di pelabuhan Tasik Agung Rembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di dermaga pelabuhan Tasik Agung Rembang. Informan adalah nelayan juru mudi kapal dan nelayan anak buah kapal yang sedang melakukan penyortiran ikan di dermaga pelabuhan Tasik Agung Rembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data yang utamanya dilakukan dengan cara mencocokkan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Ekspresi seni yang dilakukan para nelayan penyortir ikan di pelabuhan Tasik Agung Rembang dilakukan dengan cara memutar musik dangdut menggunakan CD audio. Adanya musik dangdut ini menjadikan suasana penyortiran ikan menjadi bingar-bingar, menyenangkan, tampak tidak menunjukkan kejenuhan, tidak menjadikan kelelahan kerja, dan pekerjaan penyortiran ikan akhirnya dapat selesai dengan baik. Kedua, saat nelayan mendengarkan musik dangdut, nelayan mengungkapkannya dengan berbagai macam perilaku. Seperti misalnya, mereka terkadang tampak diam dan atau tidak melakukan gerakan joget dan atau bernyanyi, namun mereka tampak merasakan dan menghayati musik dangdut tersebut. Dalam berekspresi seni dangdut ini intinya mereka melakukan kegiatan berapresiasi dan berkreasi, sikap merasakan dan menghayati hanya sebuah apresiasi. Sedangkan perilaku mereka yang sedang menyortir ikan sambil goyang-goyang dan kadang menirukan nyanyiannya sebagai bentuk kreasi mereka. Disarankan bagi pemilik kapal hendaknya dapat menyediakan lagu-lagu dangdut dalam bentuk VCD audio yang lebih banyak. Penyediaan lagu yang banyak akan menjadi banyak pilihan yang disukai oleh para nelayan yang sedang menyortir ikan untuk dijadikan alat ekspresi seninya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekspresi Seni, Nelayan, Musik Dangdut, Penyortiran Ikan
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 05:15
Last Modified: 10 May 2012 05:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11937

Actions (login required)

View Item View Item