Korelasi antara Kemampuan Menyimak dengan Kemampuan Dikte Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis


Imas Wilogi, 2301407021 (2012) Korelasi antara Kemampuan Menyimak dengan Kemampuan Dikte Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Korelasi antara Kemampuan Menyimak dengan Kemampuan Dikte Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis] Microsoft Word (. Korelasi antara Kemampuan Menyimak dengan Kemampuan Dikte Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Wilogi, Imas. 2012. Korelasi antara Kemampuan Menyimak dengan Kemampuan Dikte Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Prof. Dr. Astini Su’udi, Pembimbing II : Mohammad Syaefudin S.Pd, M.Pd Kata kunci : Menyimak, Dikte Menyimak merupakan sebuah proses untuk mengenali simbol-simbol bahasa serta makna komunikasinya yang disampaikan secara lisan oleh mitra tutur, dan menyimak selektif merupakan salah satu bentuk aktivitas menyimak yang bertujuan untuk memperoleh informasi tertentu. Pada proses menyimak selalu diawali dengan mendengarkan bunyi bahasa, kata dan frasa, kemudian kalimat atau wacana. Kegiatan menyimak juga harus disertai penguasaan sistem lambang bahasa dan lambang bunyi, karena dalam bahasa Prancis, tulisan tidak selalu sama dengan pengucapannya. Dikte merupakan salah satu alat evaluasi dalam keterampilan menulis. Dalam proses dikte tidak hanya memerlukan satu keterampilan saja melainkan beberapa jenis keterampilan salah satunya adalah menyimak. Untuk bisa menulis dikte dengan baik diperlukan kemampuan menyimak yang baik pula. Penelitian ini menindaklanjuti penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Yuslihatul Ulya, yang berjudul Korelasi antara Penguasaan Struktur dengan Kemampuan Dikte Mahasiswa Semester III. Pada saran, Ulya menyebutkan bahwa ada variabel lain yang mempengaruhi kemampuan dikte yaitu pemahaman teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kemampuan menyimak dengan kemampuan dikte mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis semester III. Variabel dalam penelitian ini ada dua yakni kemampuan menyimak dan kemampuan dikte. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa semester III program studi Pendidikan Bahasa Prancis, Jurusan Bahasa dan sastra Asing, Universitas Negeri Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen menyimak digunakan rumus K-R 20 dan reliabilitas untuk dikte adalah rumus Alpha. Rumus product moment digunakan untuk mengetahui koefisien korelasi antara kemampuan menyimak dengan kemampuan dikte. Nilai kemampuan menyimak tergolong lebih dari baik dengan rata-rata yang diperoleh yakni 81,73 dan nilai kemampuan dikte tergolong baik dengan nilai rata-rata 78,26. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh hasil (r hitung) sebesar 0,295 lebih kecil dari r tabel (0,339). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa “tidak ada korelasi antara kemampuan menyimak dengan kemampuan dikte mahasiswa semester III”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menyimak, Dikte
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 04:51
Last Modified: 10 May 2012 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11933

Actions (login required)

View Item View Item