Analisis Penerapan E-learning Berbasis Web pada Pembelajaran Bahasa Prancis di Kelas XI SMA Negeri 13 Semarang Tahun Ajaran 2011/ 2012


Tukini, 2301406004 (2012) Analisis Penerapan E-learning Berbasis Web pada Pembelajaran Bahasa Prancis di Kelas XI SMA Negeri 13 Semarang Tahun Ajaran 2011/ 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Penerapan E-learning Berbasis Web pada Pembelajaran Bahasa Prancis di Kelas XI SMA Negeri 13 Semarang Tahun Ajaran 2011/ 2012] Microsoft Word (Analisis Penerapan E-learning Berbasis Web pada Pembelajaran Bahasa Prancis di Kelas XI SMA Negeri 13 Semarang Tahun Ajaran 2011/ 2012) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Tukini. 2012. Analisis Penerapan E-learning Berbasis Web pada Pembelajaran Bahasa Prancis di Kelas XI SMA Negeri 13 Semarang Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Prof. Dr. Astini Su’udi; Pembimbing II : Neli Purwani, S.Pd. Kata kunci : Analisis, Penerapan E-learning Berbasis Web Ada tiga model pembelajaran e-learning berbasis web yaitu sebagai tambahan, pelengkap dan pengganti. E-learning berbasis web sebagai pelengkap adalah suatu proses pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa komputer yang dilengkapi dengan sarana telekomunikasi (internet, intranet) dan multimedia (grafis, audio, dan video) sebagai media untuk menyampaikan materi pelajaran dan dilengkapi fasilitas web berupa chatting, e-mail dan mailing list untuk meningkatkan komunikasi antara guru dengan siswa. E-learning berbasis web sebagai pelengkap telah diterapkan pada mata pelajaran bahasa Prancis di kelas XI SMA Negeri 13 Semarang dengan harapan dapat menumbuhkan semangat belajar siswa dengan menampilkan materi pelajaran yang didukung animasi yang menarik dan sesuai dengan materi pelajaran sehingga tingkat pemahaman siswa pada materi pelajaran dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas penerapan media e-learning berbasis web pada pembelajaran bahasa Prancis di kelas XI SMA Negeri 13 Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Variabel penelitian ini adalah penerapan e-learning berbasis web pada pembelajaran bahasa Prancis di kelas XI SMA Negeri 13 Semarang. Sumber data penelitian ini adalah kegiatan belajar mengajar menggunakan e-learning berbasis web pada pembelajaran bahasa Prancis di kelas XI SMA Negeri 13 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode observasi. Validitas yang digunakan adalah validitas konstrak. Berdasarkan hasil observasi, kualitas penerapan e-learning berbasis web pada pembelajaran bahasa Prancis di kelas XI SMA Negeri 13 Semarang pada pertemuan I dan II dapat disimpulkan cukup sesuai dengan teori e-learning berbasis web. Hal tersebut ditunjukkan pada saat penerapan e-learning berbasis web, guru merancang bahan ajar ke dalam program komputer dengan animasi yang menarik dan sesuai dengan materi, menjelaskan materi la comparaison yang ada pada web dengan baik dan meng-upload soal latihan ke dalam web, namun ada hal yang belum sesuai dengan teori e-learning berbasis web yaitu guru kurang maksimal mengontrol kegiatan belajar siswa melalui web di luar jam sekolah dan guru kurang maksimal melakukan chatting dengan siswa untuk meningkatkan komunikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Penerapan E-learning Berbasis Web
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 04:42
Last Modified: 10 May 2012 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11931

Actions (login required)

View Item View Item