Analisis Kualitas Soal Pilihan Ganda Buatan Guru Bahasa Perancis SMA Se-Kota Semarang


Inayati, 2301405046 (2012) Analisis Kualitas Soal Pilihan Ganda Buatan Guru Bahasa Perancis SMA Se-Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kualitas Soal Pilihan Ganda Buatan Guru Bahasa Perancis SMA Se-Kota Semarang] Microsoft Word (Analisis Kualitas Soal Pilihan Ganda Buatan Guru Bahasa Perancis SMA Se-Kota Semarang) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Inayati. 2012. Analisis Kualitas Soal Pilihan Ganda Buatan Guru Bahasa Perancis SMA Se-Kota Semarang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Prof.Dr. Edi Astini. Pembimbing II. Dra. Dwi astuti, M.Pd. Kata kunci : Analisis, Soal pilihan ganda Ada dua macam tes dalam evaluasi, yaitu tes standar dan tes buatan guru. Pada umumnya soal tes standar memiliki kualitas baik karena telah diujicoba, dianalis dan direvisi sedangkan tes buatan guru tidak diujicoba, dianalisis maupun direvisi.Tes pilihan ganda adalah salah satu bentuk tes yang digunakan dalam mata pelajaran bahasa Perancis untuk mengukur seberapa jauh siswa menguasai bahasa Perancis. Tes bentuk ini pula yang digunakan dalam Ujian Akhir Nasional sehingga diharapkan seorang guru, termasuk guru bahasa Perancis juga dapat menyusun soal yang digunakan sebagai tes Ujian Akhir Nasional. Tes pilihan ganda yang digunakan sebagai tes Ujian Akhir Nasional merupakan tes yang memiliki kualitas baik karena telah diujicoba, di analisis dan direvisi sedangkan tes pilihan ganda buatan guru pada umumnya tidak diujicobakan, dianalisis maupun direvisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal pilihan ganda buatan guru bahasa Perancis SMA se-Kota Semarang ditinjau dari aspek materi, konstruksi dan bahasa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah soal mid semester kelas XI semester I buatan guru bahasa Perancis SMA se-kota Semarang. Sumber data pada penelitian ini adalah bank soal yang ada pada masing-masing SMA di kota Semarang. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan teknik dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis apakah soal tersebut sudah disusun sesuai dengan kaidah penyusunan soal pilihan ganda ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas soal pilihan ganda buatan guru bahasa Perancis SMA di kota Semarang ditinjau dari segi materi, konstruksi, dan bahasa memiliki kualitas tinggi. Dalam menyusun soal pilihan ganda, jumlah kesalahan yang dibuat oleh guru bahasa Perancis SMA se kota Semarang terbanyak pada aspek bahasa dan aspek materi. Dari 180 butir soal, terdapat 44 butir soal yang disusun tidak sesuai dengan struktur bahasa Perancis yang benar dan 46 butir soal yang disusun tidak sesuai dengan indikator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Soal pilihan ganda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 04:27
Last Modified: 10 May 2012 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item