Kemampuan Mahasiswa Semester VII Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam memahami kalimat pengandaian bahasa Prancis dan mengubah kalimat pengandaian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis

Asih Nurfitriani, 2301405011 (2012) Kemampuan Mahasiswa Semester VII Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam memahami kalimat pengandaian bahasa Prancis dan mengubah kalimat pengandaian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Nurfitriani, Asih. 2012. Kemampuan Mahasiswa Semester VII Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam memahami kalimat pengandaian bahasa Prancis dan mengubah kalimat pengandaian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Tri Eko Agustiningrum, S.Pd, M.Pd. II. Mohammad Syaefudin,S.Pd, M.Pd. Kata kunci : kalimat pengandaian bahasa Prancis, kalimat pengandaian bahasa Indonesia, penerjemahan Dalam penelitian ini, penulis membahas tentang kemampuan mahasiswa semester VII Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam memahami kalimat pengandaian bahasa Prancis dan mengubah kalimat pengandaian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis. Kalimat pengandaian bahasa Prancis atau kalimat hipotesis adalah kalimat yang menunjukkan suatu kejadian yang bukan merupakan kenyataan, tetapi hanya sebagai suatu kemungkinan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi mengenai kemampuan mahasiswa semester VII prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam memahami kalimat pengandaian bahasa Prancis dan mengubah kalimat pengandaian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam memahami kalimat pengandaian bahasa Prancis dan mengubah kalimat pengandaian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil tes mahasiswa metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai nama dan jumlah responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif prosentase dan analisis kritis. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 mahasiswa. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan satu kali pengetesan dengan rumus K-R.21 dan Alpha. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, dalam memahami kalimat bahasa Prancis dan mengubah kalimat pengandaian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis tergolong cukup. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata responden yaitu 60. Nilai tertinggi adalah 87,5 dan nilai terendah adalah 37,5. Pada umumnya kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh responden adalah kesalahan dalam mengidentifikasi modus, memahami fungsi dari tiap kalimat pengandaian bahasa Prancis serta kesalahan dalam mengubah kalimat pengandaian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis. Sebagian besar responden mengubah kalimat pengandaian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis tidak sesuai dengan situasi dan jenis kalimat pengandaian yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kalimat pengandaian bahasa Prancis, kalimat pengandaian bahasa Indonesia, penerjemahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 00:22
Last Modified: 10 May 2012 00:22

Actions (login required)

View Item