Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Metode Karya Wisata dengan Memanfaatkan Sumber belajar lingkungan pada Siswa Kelas X3 MA Negeri Kendal Tahun Ajaran 2011/2012


Siti Sokhiffah, 2101407056 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Metode Karya Wisata dengan Memanfaatkan Sumber belajar lingkungan pada Siswa Kelas X3 MA Negeri Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Metode Karya Wisata dengan Memanfaatkan Sumber belajar lingkungan pada Siswa Kelas X3 MA Negeri Kendal Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Metode Karya Wisata dengan Memanfaatkan Sumber belajar lingkungan pada Siswa Kelas X3 MA Negeri Kendal Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Sokhiffah, Siti. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Metode Karya Wisata dengan Memanfaatkan Sumber belajar lingkungan pada Siswa Kelas X3 MA Negeri Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing 1: Drs. Wagiran, M.Hum., Pembimbing II: Dra. Suprapti, M.Pd. Kata kunci: keterampilan menulis paragraf deskripsi, metode karya wisata, sumber belajar lingkungan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia MA Negeri Kendal Kabupaten Kendal keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X3 MA Negeri Kendal masih belum memenuhi KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal). Faktor yang menyebabkan tingkat keterampilan siswa menulis paragraf deskripsi belum memenuhi KKM yaitu siswa belum bisa menuangkan ide atau gagasannya dalam bentuk tulisan. Selain faktor dari siswa, faktor guru sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa dalam pembelajaran juga berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Guru masih kurang efektif dan maksimal dalam menggunakan metode atau pun sumber belajar untuk membelajarkan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dan perubahan perilaku pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui metode karya wisata dengan memanfaatkan sumber belajar lingkungan?, sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas X3 MA Negeri Kendal Kabupaten Kendal setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui metode karya wisata dengan memanfaatkan sumber belajar lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan metode karya wisata siswa kelas X3 MAN Kendal yang berjumlah 36 siswa. Variabel pertama penelitian ini yaitu keterampilan menulis paragraf deskripsi dan variabel kedua yaitu melalui metode karya wisata. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa hasil tes siswa dalam menulis paragraf deskripsi, sedangkan instrumen nontes dalam bentuk pedoman observasi, pedoman wawancara, jurnal, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes menulis paragraf deskripsi. Pada prasiklus rerata kelas kemampuan siswa dalam menulis paragraf deksripsi mencapai 66,9 dengan ketuntasan mencapai 9% meningkat menjadi 77,3 atau dengan ketuntasan 56% pada siklus I. Artinya, ada peningkatan sebesar 10,4 atau peningkatan ketuntasan 47% dari prasiklus ke siklus I, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi meningkat menjadi 85,33 termasuk dalam kategori sangat baik atau dengan ketuntasan 100%, artinya ada peningkatan rata-rata sebesar 8,03 atau peningkatan ketuntasan 44% dari siklus I dan ada peningkatan rata-rata sebesar 18,43 atau peningkatan ketuntasan 91% dari prasiklus. Berdasarkan hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Siswa menjadi lebih semangat, antusias, senang, aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf deksripsi melalui metode karya wisata dengan memanfaatkan sumber belajar lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru mata pelajaran bahasa dan satra Indonesia sebaiknya lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode atau pun sumber belajar dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Saran bagi peneliti di bidang bahasa berikutnya dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan metode ataupun sumber belajar yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif metode pembelajaran menulis paragraf deskripsi dan bidang menulis pada umumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis paragraf deskripsi, metode karya wisata, sumber belajar lingkungan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 03:36
Last Modified: 10 May 2012 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11926

Actions (login required)

View Item View Item