Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Bermedia Ebook dalam Metode Analogi untuk Siswa SMA

Zulfa Fahmy,, 2101407003 (2012) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Bermedia Ebook dalam Metode Analogi untuk Siswa SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Fahmy, Zulfa. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Bermedia Ebook dalam Metode Analogi untuk Siswa SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum., Pembimbing II: Dra. Nas Haryati S., M.Pd. Kata kunci: bahan ajar, menulis cerpen, eBook, metode analogi, siswa SMA Pembelajaran sastra tidak dapat dipandang sebelah mata dalam kurikulum pendidikan Indonesia. pembelajaran sastra meliputi ekspresi lisan dan ekspresi tulis. Menulis cerpen merupakan salah satu kompetensi yang tergolong ekspresi tulis sastra. Untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa SMA salah satu caranya adalah dengan terpenuhinya bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu bahan ajar menulis cerpen adalah bahan ajar menulis cerpen. Sekarang banyak beredar bahan ajar serupa, tapi belum fokus pembahasan tentang menulis cerpen. Buku-bahan ajar tersebut menyamaratakan topik, yaitu menulis. Sebagian guru masih menganggap buku yang beredar di toko-toko buku mahal dan penjelasan buku hanya terpaku pada teori-teori penulisan. Salah satu upaya untuk menekan harga buku adalah dengan pemanfaatan eBook. Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar menulis cerpen yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Penelitian ini mengkaji enam hal, yaitu (1) bagaimanakah kebutuhan bahan ajar cara menulis cerpen yang sesuai yang sesuai untuk siswa dan guru tingkat SMA, (2) bagaimanakah prinsip pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan metode analogi, (3) bagaimanakah prototipe/desain bahan ajar menulis cerpen dengan metode analogi yang sesuai kebutuhan siswa tingkat SMA, (4) bagaimanakah spesifikasi produk bahan ajar menulis cerpen bermedia eBook dalam metode analogi untuk siswa SMA, (5) bagaimanakah penilaian guru dan ahli terhadap bahan ajar menulis cerpen bermedia eBook dalam metode analogi untuk siswa SMA, (6) bagaimanakah perbaikan prototipe/desain oleh peneliti terhadap bahan ajar menulis cerpen bermedia eBook dalam metode analogi untuk SMA. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan kebutuhan bahan ajar cara menulis cerpen untuk siswa dan guru tingkat SMA, (2) mendeskripsi kriteria-kriteria penilaian bahan ajar menulis cerpen bermedia eBook dalam metode analogi untuk tingkat SMA, (3) mendeskripsi prototipe/desain bahan ajar menulis cerpen dengan metode anlaogi yangb sesuai kebutuhan siswa tingkat SMA, (4) mendeskripsi spesifikasi produk bahan ajar menulis cerpen bermedia eBook dalam metode analogi untuk siswa SMA, (5) memaparkan penilaian guru dan ahli terhadap bahan ajar menulis cerpen bermedia eBook dalam metode analogi untuk siswa SMA, dan (6) mendeskripsi perbaikan prototipe/desain terhadap bahan ajar menulis cerpen dengan metide analogi melalui media eBook untuk siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, menulis cerpen, eBook, metode analogi, siswa SMA
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 May 2012 23:30
Last Modified: 09 May 2012 23:30

Actions (login required)

View Item