Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman untuk Menemukan Gagasan Utama Menggunakan Metode Banding Kalimat dan Teknik Kata Kunci dengan Media Surat Kabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pegandon Kabupaten Kendal.


Muhammad Lukman Hakim, 2101406548 (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman untuk Menemukan Gagasan Utama Menggunakan Metode Banding Kalimat dan Teknik Kata Kunci dengan Media Surat Kabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pegandon Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman untuk Menemukan Gagasan Utama Menggunakan Metode Banding Kalimat dan Teknik Kata Kunci dengan Media Surat Kabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pegandon Kabupaten Kendal] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman untuk Menemukan Gagasan Utama Menggunakan Metode Banding Kalimat dan Teknik Kata Kunci dengan Media Surat Kabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pegandon Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Lukman Hakim, Muhammad. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman untuk Menemukan Gagasan Utama Menggunakan Metode Banding Kalimat dan Teknik Kata Kunci dengan Media Surat Kabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pegandon Kabupaten Kendal. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Haryadi, M.Pd., Pembimbing II : Tommi Yuniawan S.Pd. M.Hum. Kata kunci: membaca pemahaman, gagasan utama, metode banding kalimat, dan teknik kata kunci Rendahnya keterampilan membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri siswa, di antaranya masih belum terbiasa dengan membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama. Adapun faktor eksternalnya berasal dari kurangnya motivasi dan inovasi model maupun teknik yang digunakan guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama. Salah satunya adalah menggunakan metode banding kalimat dan teknik kata kunci Dilihat dari paparan di atas, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama menggunakan metode banding kalimat dan teknik kata kunci dengan media surat kabar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pegandon Kabupaten Kendal. (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pegandon Kabupaten Kendal setelah menggunakan metode banding kalimat dan teknik kata kunci dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VII 2 SMP Negeri 1 Pegandon Kabupaten Kendal setelah mengikuti pembelajaran membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama menggunakan metode banding kalimat dan teknik kata kunci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama, peningkatan, dan perubahan perilaku setelah mengikuti pembelajaran dengan penggunaan metode banding kalimat dan teknik kata kunci. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 70. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama menggunakan metode banding kalimat dan teknik kata kunci dengan media sura kabar pada siswa kelas VII 2 SMP Negeri 1 Pegandon. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII 2 SMP Negeri 1 Pegandon dengan jumlah 32 siswa, terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes. Teknik tes berupa keterampilan membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama menggunakan metode banding kalimat dan teknik kata kunci melalui media surat kabar. Teknik nontes berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama menggunakan metode banding kalimat dan teknik kata kunci melalui media surat kabar. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama pada siswa kelas VII 2 SMP Negeri 1 Pegandon, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode banding kalimat dan teknik kata kunci melalui media surat kabar. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas VII 2 SMP Negeri 1 Pegandon yang meliputi tes prasiklus, tes siklus I, dan tes siklus II. Pada tes prasiklus, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 51,70, sedangkan pada siklus I, hasil tes siswa mencapai rata-rata sebesar 67,50. Berdasarkan hal tersebut, terjadi peningkatan sebesar 15,8. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 90,31 dan termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga terjadi peningkatan sebesar 22,81 yaitu dari 67,50 di siklus I menjadi 90,31 di siklus II. Hasil tes siklus II tersebut, menunjukkan bahwa dari 32 siswa, 30 siswa dinyatakan tuntas dan dua siswa belum tuntas karena belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Persentase ketuntasan mencapai 90%, ini menunjukkan bahwa target ketuntasan siswa yaitu lebih dari 80% siswa tuntas, telah tercapai. Perilaku siswa juga mengalami perubahan menjadi lebih baik. Perubahan perilaku tersebut menunjukkan lima karakter siswa yaitu kedisiplinan dan ketertiban, keseriusan, komunikatif dan demokratis, kemandirian dan tanggung jawab, serta rasa ingin tahu yang berubah ke arah positif setelah dilaksanakan pembelajaran membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama menggunakan metode banding kalimat dan teknik kata kunci melalui media surat kabar. Dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat peneliti rekomendasikan adalah (1) para guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menerapkan metode banding kalimat dan teknik kata kunci untuk menemukan gagasan utama, terbukti dapat mendorong siswa berpikir aktif. (2) para peneliti yang menekuni bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia kiranya dapat melakukan penelitian lanjut mengenai keterampilan membaca pemahaman, dan (3) bagi pihak sekolah hendaknya memperhatikan sarana prasarana yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, gagasan utama, metode banding kalimat, dan teknik kata kunci
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 03:27
Last Modified: 10 May 2012 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11924

Actions (login required)

View Item View Item