Variasi Bentuk Penguatan pada Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VII di SMP Se-Kecamatan Winong Kabupaten Pati

Yuni Astutik,, 2102408124 (2012) Variasi Bentuk Penguatan pada Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VII di SMP Se-Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Astutik, Yuni. 2012. Variasi Bentuk Penguatan pada Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VII di SMP Se-Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Skripsi. Pendidikan Bahasa Jawa. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Esti Sudi Utami B.A.,M.Pd, Pembimbing II: Mujimin, S.Pd. Kata kunci: pembelajaran bahasa Jawa, bentuk penguatan Salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai seorang guru adalah memberi penguatan. Guru dalam memberi penguatan tentu menggunakan cara yang berbeda-beda. Perbedaan cara memberi penguatan inilah yang memungkinkan adanya variasi bentuk penguatan antara guru SMP satu dengan guru SMP yang lainnya di Kecamatan Winong. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimanakah variasi bentuk penguatan pada pembelajaran bahasa Jawa kelas VII di SMP se-Kecamatan Winong Kabupaten Pati? Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan variari bentuk penguatan pada pembelajaran bahasa Jawa kelas VII di SMP se-Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah bentuk penguatan pada pembelajaran bahasa Jawa kelas VII di SMP Se-Kecamatan Winong Kabupaten Pati dan sumber datanya berasal dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik pilah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan yang digunakan guru bahasa Jawa se-Kecamatan Winong bervariasi. Variasi penguatan dibedakan menjadi dua yaitu verba dan nonverbal. Penguatan verba berupa kata, frasa, dan kalimat. Penguatan nonverba berupa mimik dan gerakan badan, dengan cara mendekati, dengan sentuhan, kegiatan yang menyenangkan, dan hadiah. Berdasarkan temuan tersebut saran yang diberikan kepada guru bahasa Jawa, yaitu guru hendaknya lebih selektif dalam memberi penguatan agar siswa tidak bosan dan penguatan terasa bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Jawa, bentuk penguatan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 May 2012 23:15
Last Modified: 09 May 2012 23:15

Actions (login required)

View Item