Analisis Kesalahan Berbahasa Jawa pada Karangan Siswa Kelas VII F SMP N 2 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010.


Selfiana Riyadinningsih, 2102406592 (2012) Analisis Kesalahan Berbahasa Jawa pada Karangan Siswa Kelas VII F SMP N 2 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Berbahasa Jawa pada Karangan Siswa Kelas VII F SMP N 2 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010] Microsoft Word (Analisis Kesalahan Berbahasa Jawa pada Karangan Siswa Kelas VII F SMP N 2 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Riyadinningsih, Selfiana. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Jawa pada Karangan Siswa Kelas VII F SMP N 2 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1: Dra. Sri Prastiti Kusuma A., Pembimbing II: Eka Yuli Astuti, S.Pd. M.A. Kata kunci: kesalahan berbahasa jawa, karangan siswa. Salah satu subkompetensi dasar dalam Kurikulum Bahasa Jawa Tahun 2008 untuk jenjang SMP kelas VII adalah menulis pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko dan krama. Berdasarkan hasil observasi guru kelas VII F SMP N 2 Boja, diketahui bahwa siswa kelas VII F dalam menulis menggunakan bahasa Jawa masih banyak terdapat kesalahan. Hal tersebut disebabkan tidak adanya motivasi dalam diri siswa ketika mengikuti proses pembelajaran bahasa Jawa, sehingga sering terjadi kesalahan berbahasa yang dilakukan siswa dalam menulis. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dikaji dalam penelitian yaitu, (1) bagaimana bentuk kesalahan berbahasa tataran fonologi pada karangan pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko siswa kelas VII F SMP N 2 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010?, (2) bagaimana bentuk kesalahan berbahasa tataran fonologi pada karangan pengalaman pribadi menggunakan ragam krama siswa kelas VII F SMP N 2 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010?. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan analisis kesalahan berbahasa sebagai pendekatan teoretis, dan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif sebagai pendekatan metodologisnya. Data penelitian ini adalah kalimat yang diduga mengandung kesalahan berbahasa pada tataran fonologi. Sumber data penelitian ini adalah karangan pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko dan krama dengan panjang karangan tiga paragraf. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis kesalahan berbahasa dipilih untuk teknik analisis data, serta metode informal digunakan sebagai metode penyajian hasil analisis data. Hasil penelitian pada ragam ngoko ditemukan satu bentuk penghilangan fonem semi-vokal, yaitu semi-vokal /w/, empat bentuk penggantian fonem vokal, yaitu fonem /a/ > /o/, /u/ > /o/, /i/ > /e/, dan /e/ > /i/, dan empat bentuk penggantian fonem konsonan, yaitu fonem /d]/ > /d/, /d/ > /d]/, /t/ > /t]/, dan /t]/ > /t/. Pada ragam krama, ditemukan satu bentuk penambahan fonem konsonan, yaitu konsonan /h/, tiga bentuk penggantian fonem vokal, yaitu fonem /u/ > /o/, /i/ > /e/, dan /a/ > /o/, serta empat bentuk penggantian fonem konsonan, yaitu fonem /d/ > /d]/, /t]/ > /t/, /d]/ > /d/, dan /d/ > /t/. Ada sejumlah 65 kalimat yang di dalamnya mengandung kesalahan berbahasa tataran fonologi. Bentuk kesalahan berbahasa tataran fonologi yang paling banyak ditemukan pada karangan pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko, yaitu penggantian fonem vokal /a/ > /o/. Temuan yang paling sedikit adalah penghilangan fonem semi-vokal, dan penambahan fonem konsonan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi sekolah terkait guru untuk lebih banyak mengajarkan penulisan kata dalam bahasa Jawa dengan baik dan benar, sehingga akan mengurangi kesalahan berbahasa yang terjadi pada siswa, serta penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dan masukan bagi para peneliti bahasa untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesalahan berbahasa jawa, karangan siswa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 02:52
Last Modified: 10 May 2012 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11916

Actions (login required)

View Item View Item