Analisis Kesesuaian Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Materi Buku Teks ”Fasih Berbahasa Arab 2” Terbitan Tiga Serangkai Pada Kelas VIII MTs dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006


Yulinah, 2303408021 (2012) Analisis Kesesuaian Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Materi Buku Teks ”Fasih Berbahasa Arab 2” Terbitan Tiga Serangkai Pada Kelas VIII MTs dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesesuaian Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Materi Buku Teks ”Fasih Berbahasa Arab 2” Terbitan Tiga Serangkai Pada Kelas VIII MTs dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006] Microsoft Word (Analisis Kesesuaian Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Materi Buku Teks ”Fasih Berbahasa Arab 2” Terbitan Tiga Serangkai Pada Kelas VIII MTs dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Yulinah. 2012. “Analisis Kesesuaian Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Materi Buku Teks ”Fasih Berbahasa Arab 2” Terbitan Tiga Serangkai Pada Kelas VIII MTs dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Zukhaira, S.S., M.Pd. Pembimbing II: Darul Qutni, S.Pd.I., M.S.I,. Kata Kunci: analisis, buku teks, SK, KD, Materi, KTSP 2006. Buku teks digunakan sebagai buku penunjang dalam proses pembelajaran. Namun saat ini masih ada beberapa buku yang belum sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan tahun 2006 baik dari segi pendekatan penulisan, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar maupun Materi dalam buku teks, untuk mengatasi kondisi seperti itu, para guru atau calon guru harus memiliki kemampuan menelaah buku teks.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kesesuaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar buku teks “ Fasih Berbahasa Arab 2” kelas VIII MTs Terbitan Tiga Serangkai dengan KTSP 2006? 2. Bagaimana kesesuaian materi buku teks “ Fasih Berbahasa Arab 2” kelas VIII MTs Terbitan Tiga Serangkai dengan KTSP 2006?. Penelitian dirancang dengan jenis penelitian desriptif analisis isi(analysis content). Sumber data penelitian ini adalah buku teks Fasih Berbahasa Arab 2 terbitan Tiga Serangkai. Data hasil analisis dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang dikumpulkan sebagai berikut: pertama, kesesuaian SK, KD pada Silabus Bahasa Arab dengan SK, KD pada buku teks. Kedua, kesesuaian materi pembelajaran pada Silabus Bahasa Arab dengan materi pada buku teks. Hasil penelitian: pertama, SKdan KD dalam buku teks "Fasih Berbahasa Arab 2" sudah sesuai dengan silabus bahasa Arab yang. Dengan hasil analisis dari halaman 27-34 yang ada 20 SK pada buku teks dan silabus KTSP 2006 yang meliputi 5 materi pelajaran dengan 4 ketrampilan bahasa. Dan hasil analisis dari halaman 34-56 yang sesuai ada 49 KD buku teks dengan silabus KTSP 2006 yang meliputi 5 materi pelajaran dan 4 ketrampilan bahasa. Kedua, materi pembelajaran sudah sesuai dengan silabus bahasa Arab ada 5 materi pelajaran dalam buku teks sebanyak 5 materi pelajaran dalam silabus KTSP 2006. Dari halaman 53-58 yang dianalisis dalam kartu data yang meliputi 4 ketrampilan bahasa dan kurang lebih ada 250 kosakata, dengan 5 tata bahasa. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka diajukan beberapa saran sebagai berikut: (1) Pertahankan penyesuaian antara buku teks bahasa Arab dengan silabus agar semua SK, KD dan materi pembelajaran dalam buku teks dan silabus bahasa Arab tetap sinkron berdasarkan kurikulum yang berlaku. (2) Pertahankan kesesuaian penggunaan kata operasional dalam SK dan KD pada buku teks dengan SK, dan KD pada silabus bahasa Arab sehingga mudah untuk dipahami.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, buku teks, SK, KD, Materi, KTSP 2006
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 02:38
Last Modified: 10 May 2012 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11913

Actions (login required)

View Item View Item